Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SERTIFIKASI GURUSekitar 1 juta pemegang sertifikat akan dites ulang

JAKARTA: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melakukan tes ulang bagi lebih dari 1 juta  guru yang sudah tersertifikasi dan mendapat tunjangan profesi.
nurul
nurul - Bisnis.com 31 Mei 2012  |  05:00 WIB

JAKARTA: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melakukan tes ulang bagi lebih dari 1 juta  guru yang sudah tersertifikasi dan mendapat tunjangan profesi.

 
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik (BPSDMP dan PMP) Kemendikbud Syawal Gultom mengatakan sedikitnya 1.020.000  guru yang akan dites ulang.
 
Guru  sudah menjadi profesi yang mendapat pendapatan tambahan dari tunjangan sehingga kompensasi itu harus diikuti dengan peningkatan kualitas mengajar guru itu sendiri
 
Tes ulang ini, ujarnya, berbeda dengan uji kompetensi awal. Dalam uji kompetensi guru berjuang untuk mendapatkan kursi untuk pelatihan dan mendapat sertifikasi, sedangkan dalam tes ulang ini Kemendikbud akan mengevaluasi penguasan materi ajar dan pedagogisnya. 
 
“Bagaimana perancangan dan pembelajarannya. Dengan tes ulang ini kita bisa yakin apakah kualitas guru itu naik atau tidak,’ katanya di gedung Kemendikbud, kemarin.
 
Soal pelaksanaan uji ulang ini belum ditetapkan karena masih mengurus hal-hal teknis, pembuatan soal serta pendataan namun dipastikan tahun ini akan bisa terlaksana.
 
 Dia menjelaskan, uji ulang ini dilakukan sebagai pemetaan bagi guru yang belum atau sudah kompeten.  Bagi yang belum akan dilakukan pembinaan kembali. 
 
"Kalau sudah berulang kembali dibina namun tidak menunjukkan kinerja yang baik maka  akan berpengaruh ke tunjangan profesi dan penurunan pangkat," kata Syawal.
 
Proses ujiannya  dapat dilakukan secara online dan offline. Untuk yang online, soal akan dibuat secara acak melalui komputer namun hasil ujiannya dapat diketahui langsung setelah ujian berakhir.
 
Namun bagi daerah yang belum mempunyai fasilitas maka akan dilakukan tes secara tertulis. Persyaratan administrasi seperti mengajar 24 jam itu harus ada. (sut)

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top