Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ISTANA WAPRES klaim hemat energi hingga 20%

JAKARTA: Istana Wapres mengklaim berhasil melakukan penghematan listrik hingga 20% pada kuartal I/2012 sejak ada gerakan hemat energi yang dilakukan sejak  tahun lalu.Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat mengatakan penghematan energi di Istana Wapres,

JAKARTA: Istana Wapres mengklaim berhasil melakukan penghematan listrik hingga 20% pada kuartal I/2012 sejak ada gerakan hemat energi yang dilakukan sejak  tahun lalu.Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat mengatakan penghematan energi di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan dikendalikan langsung oleh Wapres Boediono."Penghematan itu langsung dikendalikan sendiri oleh Bapak Wapres. Semua orang diberitahu supaya matiin lampu jika tidak diperlukan, baik dikediaman maupun dikantor," ujar Yopie, hari ini.Penghematan energi sebenarnya sudah dilakukan sejak 2011. Menurut Yopie, berdasarkan laporan rekening listrik pada kuartal I/2012 ada penurunan pembayaran hingga 20% jika dibandingkan periode sama tahun lalu. Laporan ini, lanjutnya, sudah disampaikan ke Sekretariat Negara sebagai bahan evaluasi.Selain mengurangi penggunaan  lampu di ruangan, beberapa contoh penghematan diantaranya mematikan air mancur yang ada di halaman depan Istana Wapres.  Penggunaan air mancur, hanya dilakukan jika ada acara resmi kenegaraan seperti menyambut tamu negara atau kunjungan pejabat negara lain."Kalau hanya rapat rutin tidak dinyalain, air mancur  itu beban listriknya cukup tinggi," katanya.  Penggunaan lift juga dikurangi dan dilakukan bergantian, kecuali pada waktu-waktu sibuk.Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Selasa malam lalu, menyampaikan pidato mengenai penghematan energi, termasuk pengurangan pemakaian lampu di Istana Negara. (Faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper