Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CALON MAHASISWA18.596 Siswa SMA/SMK Malang mendaftar SNMPTN

 

 

MALANG: Minat lulusan SMA/SMK untuk masuk perguruan tinggi negeri cukup tinggi yang ditandai banyak pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Malang.  
 
Menurut Humas Panitial lokal SNMPTN Malang  Muhammad Yahya, mengatakan  sampai saat ini pendaftar SNMPTN di Malang sudah mencapai 18.596 peserta. Jumlah peserta SNMPTN meningkat tajam saat mendekati hari akhir pendaftaran pada Kamis (31/5). 
 
“Jumlah pendaftar mulai banyak sejak pengumuman kelulusan Ujian Nasional (UN),” kata Muhammad Yahya di Malang hari ini,  Rabu 30 Mei 2012.
 
Mereka mendaftar SNPMTN karena kepastian telah lulus UN. Mereka bergegas mendaftar karena khawatir terlambat.
 
Jumlah pendaftar sebanyak 18.596 peserta itu, lanjut dia, dari rekapan pendaftar sampai Selasa (29/5) sore. Rincinya,  untuk jurusan IPA sebanyak 7.319, IPS 7.254, dan IPC 4.023 pendaftar.
 
Sedangkan untuk pendaftar Bidik Misi, dia menegaskan, ada 3.431 pendaftar. Rincinya untuk jurusan IPA sebanyak 1.493, untuk IPS 1.395, IPC 543. Tes SNMPTN kata M Yahya, akan dilaksanakan pada Minggu 17 Juni 2012.
 
Dia mengingatkan, agar dalam pelaksanaan tes bisa lancar maka peserta harus antisipatif. Bentuknya dengan mengetahui terlebih dulu lokasi tes SNPMTN.
 
Sikap antisipatif itu perlu berkaca pada pengalaman 2011. Pada tahun lalu, ada ratusan calon mahasiswa yang tidak dapat mengerjakan tes tepat waktu karena mereka tidak tahu lokasi ruangan tes.
 
Kasus-kasus yang terjadi pada 2011, peserta SNMPTN salah masuyk ruangan tes. Hal itu dimaklumi karena mereka sebelum tidak mengecek lokasi dan ruangan tes, juga lokasi tes menyebar ke beberapa kampus, seperti UIN Maliki Malang, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Brawijaya Malang.
 
Masalah lain yang juga perlu menjadi perhatian peserta SNMPTN, yakni membawa kelengkapan dan persyaratan tes. Contohnya, kartu peserta,  dan surat keterangan hasil ujian nasional, serta kelengkapan alat tulis.(sut)
 
 
 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Choirul Anam

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper