Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CALON MAHASISWA18.596 Siswa SMA/SMK Malang mendaftar SNMPTN

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 30 Mei 2012  |  23:41 WIB

 

MALANG: Minat lulusan SMA/SMK untuk masuk perguruan tinggi negeri cukup tinggi yang ditandai banyak pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Malang.  
 
Menurut Humas Panitial lokal SNMPTN Malang  Muhammad Yahya, mengatakan  sampai saat ini pendaftar SNMPTN di Malang sudah mencapai 18.596 peserta. Jumlah peserta SNMPTN meningkat tajam saat mendekati hari akhir pendaftaran pada Kamis (31/5). 
 
“Jumlah pendaftar mulai banyak sejak pengumuman kelulusan Ujian Nasional (UN),” kata Muhammad Yahya di Malang hari ini,  Rabu 30 Mei 2012.
 
Mereka mendaftar SNPMTN karena kepastian telah lulus UN. Mereka bergegas mendaftar karena khawatir terlambat.
 
Jumlah pendaftar sebanyak 18.596 peserta itu, lanjut dia, dari rekapan pendaftar sampai Selasa (29/5) sore. Rincinya,  untuk jurusan IPA sebanyak 7.319, IPS 7.254, dan IPC 4.023 pendaftar.
 
Sedangkan untuk pendaftar Bidik Misi, dia menegaskan, ada 3.431 pendaftar. Rincinya untuk jurusan IPA sebanyak 1.493, untuk IPS 1.395, IPC 543. Tes SNMPTN kata M Yahya, akan dilaksanakan pada Minggu 17 Juni 2012.
 
Dia mengingatkan, agar dalam pelaksanaan tes bisa lancar maka peserta harus antisipatif. Bentuknya dengan mengetahui terlebih dulu lokasi tes SNPMTN.
 
Sikap antisipatif itu perlu berkaca pada pengalaman 2011. Pada tahun lalu, ada ratusan calon mahasiswa yang tidak dapat mengerjakan tes tepat waktu karena mereka tidak tahu lokasi ruangan tes.
 
Kasus-kasus yang terjadi pada 2011, peserta SNMPTN salah masuyk ruangan tes. Hal itu dimaklumi karena mereka sebelum tidak mengecek lokasi dan ruangan tes, juga lokasi tes menyebar ke beberapa kampus, seperti UIN Maliki Malang, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Brawijaya Malang.
 
Masalah lain yang juga perlu menjadi perhatian peserta SNMPTN, yakni membawa kelengkapan dan persyaratan tes. Contohnya, kartu peserta,  dan surat keterangan hasil ujian nasional, serta kelengkapan alat tulis.(sut)
 
 
 

BACA JUGA:

Skandal bola Liga Italia

Tender 3G molor, pemerintah bisa kena sanksi

Grasi Corby, apakah ada deal RI dengan Australia?

Sweeping software bajakan, BSA digugat

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Choirul Anam

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top