Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEKERASAN TERHADAP WARTAWAN: Wartawan Malang protes kekerasan di Padang dan Morowali

        MALANG: Aksi kekerasan yang dialami wartawan di Padang Sumatera Barat (Sumbar) dan Morowali Mandar Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapat simpati dari wartawan di Kota Malang. Sedikitnya 30 wartawan di Malang

        MALANG: Aksi kekerasan yang dialami wartawan di Padang Sumatera Barat (Sumbar) dan Morowali Mandar Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapat simpati dari wartawan di Kota Malang. Sedikitnya 30 wartawan di Malang menggelar aksi unjukrasa memrotes aksi kekerasan tersebut, Rabu (30 Mei).Mereka tergabung dalam Aliansi Wartawan Anti Kekerasan (AWAK). Aksi sendiri berlangsung di Bunderan Tugu Kota Malang. Selain orasi, wartawan juga mengusung poster bernada kecaman. Wartawan juga menggelar aksi teaterikal yang menggambarkan aksi kekerasan terhadap jurnalis.          Juru Bicara AWAK, Denny Irwansyah, mengatakan para pelaku kekerasan terhadap jurnalis yang terdiri dari aparat militer dan sipil harus mendapat sanksi tegas. Apalagi mereka adalah aparat yang seharusnya melindungi rakyat justru menjadi pelaku kekerasan.“Kami menuntut agar pelaku kekerasan terhadap jurnalis di Padang dan Morowali diadili dan mendapat sanksi hukum,” kata Denny disela aksi, Rabu (30 Mei).Menurutnya, wartawan yang sedang  melakukan tugas jurnalistik  dilindungi oleh Undang-Undang (UU) Pers No. 40/1999. Namun saat bertugas para wartawan tersebut justru dihalangi.“Selain telah melukai jurnalis, aksi tersebut juga menghalangi publik untuk memperoleh informasi dan berita yang benar.”Karena itu, AWAK mendesak aparat Kepolisian Resor Morowali Mandar dan Polisi Militer Angkatan Laut Lantamal II Padang untuk mengusut tuntas aksi kekerasan tersebut secara transparan terhadap siapapun pelakunya dan jangan sampai ada impunitas.“Kami juga menuntut Panglima TNI untuk mencopot Komandan Lantamal II Padang yang dianggap gagal membina prajuritnya sekaligus membiayai pengobatan jurnalis yang terluka dan mengganti kamera yang rusak.”(api) 

 

BACA JUGA:

Skandal bola Liga Italia

Tender 3G molor, pemerintah bisa kena sanksi

Grasi Corby, apakah ada deal RI dengan Australia?

Sweeping software bajakan, BSA digugat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Mohammad sofi`i

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper