Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BENCANA ALAM: Awas. Status Gunung Soputan naik

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 28 Mei 2012  |  21:40 WIB

 

 

JAKARTA: Berdasarkan data pengamatan visual dan instrumental maka terhitung sejak Senin, 28 Mei 2012, pukul 15.00 WITA, status Gunung Soputan dinaikkan dari Waspada/Level II menjadi Siaga/Level III. 

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jika aktivitas Gunung Soputan di Sulawesi Utara itu menurun/meningkat maka status aktivitas akan diturunkan atau dinaikkan sesuai dengan tingkat aktivitasnya. 

"Pemantau Gunung Soputan secara menerus dilakukan guna mengevaluasi tingkat aktivitasnya," katanya dalam keterangan pers yang diterima Bisnis, Senin, 28 Mei 2012. 

Dalam status Siaga Soputan, lanjutnya, sesuai dengan prosedur baku yang diterapkan, semua pihak yang berkepentingan akan mendapatkan laporan satu kali dalam satu hari, tidak terkecuali hari libur. 

Sementara itu, rekomendasi pada status Siaga Soputan, sebagai berikut:- Masyarakat agar tidak beraktivitas dalam radius 6 km dari puncak Gunung Soputan.- Untuk masyarakat yang bermukim dalam radius 6,5 km agar tidak perlu diungsikan.- Tidak dilakukan pendakian ke arah puncak dan tidak ada aktivitas di Camping Ground yang berada di Gunung Soputan.- Karena sering tejadi guguran kubah lava, masyarakat agar waspada terhadap ancaman bahaya yang berpotensi terjadi di sungai yang berhulu di puncak gunung, seperti Sungai Ranowangko, Sungai Pentu, Sungai Lawian, dan Sungai Popang.- Jika terjadi hujan abu, karena letusan dan guguran kubah lava, agar masyarakat mengenakan masker penutup hidung dan mulut. 

"Surat pemberitahuan peningakatan status Siaga Soputan telah dikirim ke pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi setempat dan ke pihak lain yang berkepentingan," tuturnya, (msb)

 

BACA JUGA:

Skandal seks DPR mulai terkuak

Kekhawatiran data China pukul saham pertambangan

Hasil F1 Monaco, Webber juaranya

Rossi masuk Honda gantikan Stoner?

Nilai tukar rupiah, gimana hari ini?

SITE MAP:

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : R. Fitriana

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top