Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HEADLINE HARI INI: Indonesia butuh pinjaman siaga?

JAKARTA: Informasi utama di sejumlah media cetak hari ini Selasa, 22 Mei 2012 beragam, mulai dari masalah pasokan gas sektor industri sampai dengan pinjaman siaga pemerintah dari Bank Dunia.
Jessica Nova
Jessica Nova - Bisnis.com 22 Mei 2012  |  08:06 WIB

JAKARTA: Informasi utama di sejumlah media cetak hari ini Selasa, 22 Mei 2012 beragam, mulai dari masalah pasokan gas sektor industri sampai dengan pinjaman siaga pemerintah dari Bank Dunia.

 

Pembebasan lahanPelaku usaha mengusulkan sejumlah perubahan dalam draft peraturan presiden tentang penyelenggaraan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum yang saat ini dibahas pemerintah. Rancangan aturan tersebut dinilai masih memiliki pasal karet yang dikhawatirkan dapat menghambat proses pembebasan lahan. (Indonesia Finance Today)

 

Pasokan gasBelum rampung kisruh seretnya pasokan gas untuk sektor industri, kini para pelaku usaha kembali terpukul oleh kenaikan harga gas dari US$6,7 menjadi US$10,3 per miliar british demathermal unit (mmbtu). Kenaikan harga sebesar 49% ini seperti melengkapi derita industri dalam negeri yang hanya menerima pasokan 1.000 juta kaki kubik feet per hari (mmscfd) dari total kebutuhan sebesar 2.100 mmscfd. (Neraca)

 

Devisa eksporKebijakan devisa hasil ekspor (DHE) sudah berlaku sejak awal tahun ini. Namun, belum semua hasil ekspor masuk ke sistem perbankan Indonesia. (Kontan)

 

Pinjaman siagaPemerintah menargetkan memperoleh pinjaman siaga senilai US$5 miliar atau sekitar Rp46 triliun sebagai cadangan bagi pembiayaan defisit anggaran negara. Pemerintah sejauh ini telah mendapatkan pinjaman siaga sebesar US$2 miliar dari Bank Dunia. (Kompas)

 

Pertumbuhan ekonomiEkonomi Indonesia mampu bertumbuh hingga menembus 7% pada 2013 meski krisis ekonomi Eropa memburuk dan ekonomi RRT melambat (slow down). Hal ini disebabkan oleh struktur peertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih ditopang oleh konsumsi domestik dan ekspor produk manufaktur yang didominasi komoditas setengah jadi seperti minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO). (Investor Daily)

 

BERITA FINANSIAL PILIHAN REDAKSI:

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top