Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Siswa SD di lingkungan Kedubes RI ikuti lomba apresiasi seni di Bali

LONDON: Siswa-siswi Sekolah Indonesia Moskow (SI Moskow) yang berada di lingkungan KBRI Moskow bersama dengan 13 SILN lainnya dari 11 negara, mengikuti Lomba Apresiasi dan Kreasi Seni (Apkres), serta Sains SILN di Denpasar, Bali.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 22 Mei 2012  |  01:30 WIB

LONDON: Siswa-siswi Sekolah Indonesia Moskow (SI Moskow) yang berada di lingkungan KBRI Moskow bersama dengan 13 SILN lainnya dari 11 negara, mengikuti Lomba Apresiasi dan Kreasi Seni (Apkres), serta Sains SILN di Denpasar, Bali.

 

Sekretaris Dua Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana, Senin 21 Mei 2012, mengatakan Lomba Apresiasi dan Kreasi Seni (Apkres), serta Sains SILN di Denpasar, Bali diadakan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI berlangsung dari tanggal 21 hingga 25 Mei mendatang.

 

Dia mengatakan tujuannya adalah untuk meningkatkan daya apresiasi dan kreasi di bidang seni dan sains, dan untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai budaya dan karakter bangsa bagi siswa-siswi di luar negeri.

 

Selain SI Moskow, terdapat peserta lainnya seperti SI Mekkah, Riyadh dan Jeddah (Arab Saudi), SI Wassenar (Belanda), SI Tokyo (Jepang), SI Singapura (Singapura), SI Bangkok (Thailand), SI Yangon (Myanmar), SI Cairo (Mesir), SI Kuala Lumpur dan SI Kota Kinabalu (Malaysia).

 

Delegasi SI Moskow terdiri dari empat siswa-siswi SMP untuk lomba menari dan menyanyi, serta tiga orang siswa-siswi SD untuk lomba menyanyi, pidato dan matematika.

 

Peserta termuda SI Moskow adalah Syakila Sarah Albani berusia 8 tahun yang duduk di bangku kelas 3 SD akan mengikuti lomba pidato bahasa Indonesia.

 

Dinda Haerunisa, siswi SMP SI Moskow yang akan membawakan kreasi tari "Burung" mengharapkan usaha yang maksimal dapat memberikan keberhasilan yang maksimal pula. "Mohon dukungan dan doa dari semuanya", ujar Dinda sebelum berangkat ke Indonesia.

 

Beberapa hari sebelum keberangakatan ke Indonesia, Dinda bersama dua penari lainnya, Nugi dan Dhea membawakan tari "Burung" pada pembukaan Festival dan Forum Internasional Asia Kontemporer "Rasia 2012" di Moskow yang mendapat sambutan meriah dari penonton.

 

Kuasa Usaha ad Interim (KUAI) Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus Hari Tjahjono memberikan apresiasi yang tinggi terhadap semangat besar siswa-siswi SI Moskow.

 

Dengan adanya kesempatan, ruang dan waktu, serta ketekunan dalam berlatih akan didapatkan hasil yang maksimal.

 

"Keberhasilan bukan hanya pada putra-putri kita yang berbakat ini, tetapi juga semua pihak lainnya, khusunya orang tua dan guru yang berada di belakang layar," ujarnya.

 

Kretivitas seni siswa-siswi ini turut pula mempromosikan budaya bangsa dalam berbagai kegiatan di Perwakilan RI di luar negeri", kata Hari Tjahjono saat melepas delegasi SI Moskow beberapa waktu lalu.

 

Menurut Kepala Sekolah SI Moskow Sugiarto, dengan tampil percaya diri dan kesehatan yang mendukung, diharapkan dapat memberikan hasil yang diinginkan. "Semoga amanah ini bisa digunakan sebaik-baiknya oleh putra-putri", kata Sugiarto.

 

Pada Apkers SILN November 2010 lalu di Lombok, SIM berhasil meraih beberapa juara, yaitu juara pertama lomba menari dan menyanyi tingkat SMA, juara kedua lomba menari tingkat SMP dan juara kedua menyanyi tingkat SD. (Antara/Bsi)

 

BERITA FINANSIAL PILIHAN REDAKSI:

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Puput Jumantirawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top