Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

FESTIVAL ARSITEKTUR: Singapura tuan rumah WAF

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 22 Mei 2012  |  19:40 WIB

 

 

JAKARTA: Festival Arsitektur Dunia atau World Architecture Festival (WAF) yang selama 4 tahun berturut-turut digelar di Barcelona, pada tahun ini Singapura ditunjuk menjadi tuan rumah.

 

Penunjukkan Singapura dilakukan dalam sebuah pertemuan yang di gelar di kantor perusahaan desain dan arsitek, Figueras International Seating di Barcelona baru-baru ini. Figueras merupakan sponsor utama selama 4 tahun penyelenggaraan festival arsitektur terbesar di dunia ini.

 

Direktur Program WAF Paul Finch mengatakan sejak festival perdana digelar pada 2008, WAF telah berkembang menjadi acara yang global, karena setiap tahun menarik ribuan arsitek dan desainer dari seluruh dunia.

 

“Setelah empat tahun yang fantastis di Barcelona kami merasa waktunya tepat untuk bergerak mencari lokasi baru. Pemilihan loaksi ini untuk merayakan ulang tahun kelima kami, maka diputuskan  lokasi baru di Marina Bay Sands Singapura yang juga meraih penghargaan WAF 2010,” ujar Finch seperti dikutip dalam siaran pers resmi WAF, Selasa, 22 Mei 2012.

 

Festival ini merupakan forum eksklusif bagi komunitas arsitektur untuk menampilkan proyek terbaru dan unik, diskusi mengenai tren desain saat ini dan berbagi pengalaman dengan beberapa desainer dunia yang paling inspirasional. Tahun ini, ditargetkan 2.000 peserta dari kalangan perancang kota, arsitek bangunan, desainer interior, dan pemangku kebijakan mengikuti kegiatan ini. 

"Juri tahun ini memiliki beberapa pemikiran terkemuka dan pemikir yang paling dihormati, yang masing-masing individu di garis depan yang sangat mahir dari bidangnya masing-masing. Kami melihat ke depan kualitas panel ini akan menilai kreativitas dan kecerdikan para arsitek dalam merancang sebuah proyek,”  kata Finch.

 

Selain pameran dan diskusi, dalam festival ini juga akan dipilih proyek-proyek yang dinilai pantas mendapat penghargaan. Setiap tahun kategori dan penilaian selalu berkembang. Festival baru akan digelar pada 3-5 Oktober, namun pendaftaran peserta dan pendaftaran proyek sudah mulai dibuka per 1 Mei 2012.

 

Singapura juga dipilih karena negara kecil ini ini masih menyimpan warisan gaya arsitektur, mulai dari gaya bangunan sipil kolonial,  blok perkantoran bergaya Art Deco. Pemerintah Singapura juga juga dinilai berhasil meyakinkan bahwa kekuatan desain dan tata kota yang baik telah mengubah kualitas hidup para penghuninya.

 

Pada 2011 lalu, bangunan yang meraih penghargaan tertinggi WAF adalah sebuah perkantoran mulifungsi bernama [email protected] ICT di Barcelona, Spanyol karya perusahaan arsitektur Cloud 9. Gedung ini merupakan revolusi teknologi media digital yang ditransformasikan ke dalam wujud sebuah bangunan gedung.

Volume bangunan membentuk kubus dengan ukuran 44 m x 44m x 37.82.  Separuh bangunan berada di ruang bawah tanah, sementara di atas tanah hanya 54,20%.Secara total, gedung memiliki luas 16.000 meter persegi di atas tanah dan dua lantai bawah tanah (7100 meter persegi) dengan kapasitas parkir untuk 200 mobil.

Konstruksi dibangun justru mulai dari atas dan bergerak ke bawah, transparan, anti-gravitasi, dan hampir cair di bagian bawah. Dengan demikian, dampaknya terhadap jalan sangat minimal, sekitar 8% massa yang berhubungan dengan jalan dan permukaan. 

Tidak seperti sebagian besar bangunan yang mengkonsumsi sejumlah besar energi, gedung ini ini dirancang untuk menjadi generator besar dan mengoptimalkan penggunaan energi.Bagian depan, terbuat dari karet bantal, bagian selatan bertindak sebagai tabir surya variabel, yang berfungsi mengumpulkan energi matahari untuk menyambut musim dingin, dan berfungsi sebagai peneduh paa musim panas.(msb)

 

BERITA FINANSIAL PILIHAN REDAKSI:

METRODATA ELECTRONICS Siapkan Right Issue

PASAR SURAT UTANG: Investor Cenderung Wait & See

Danareksa Investment Rilis RDPT Infrastruktur

AKSI ALIBABA: Berniat Beli Sahamnya Dari Yahoo! Senilai US$7 Miliar

HARGA EMAS: Pasar Keuangan Tertekan, Logam Mulia Melonjak

TRANSAKSI AFILIASI: Adi Karya Pinjamkan APR Rp57,1 Miliar

TOPIK AKTUAL PILIHAN REDAKSI:

KASUS NARKOBA: Sabu-Sabu Di Sumut Banyak Berasal Dari Malaysia

TRAGEDI SUKHOI: Wah.. Ada Dugaan Penipuan Jamsostek!

JUSUF KALLA: Memimpin Bisnis Beda Dengan Pemerintahan

DAUD YORDAN Naik Ring Lagi Juli

 

ENGLISH NEWS:

PALM OIL Climbs As Biggest Weekly Drop In 5 Months Lures Buyers

PLN To Spend IDR2.54 Trillion For VILLAGE ELECTRICITY Program

ARC Broadens Relationship With ANGLO AMERICAN In Indonesia

MARKET OPENING: Index Fall 46.79 Point

MARKET MOVING: BCA Eyes IDR4 Trillion Infrastructure Loans

RUPIAH Advances Most In Two Weeks On CHINA Pledge

JANGAN LEWATKAN5 Kanal TERPOPULER Bisnis.Com

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : A.Dadan Muhanda

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top