Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEREKONOMIAN THAILAND membaik pasca banjir

BANGKOK: Perekonomian Thailand secara tidak terduga menguat pada kuartal pertama /2012 karena pabrik-pabrik kembali berproduksi dan konsumsi domestik yang meningkat setelah bencana banjir tahun lalu.Dewan Pembangunan Ekonomi dan Sosial Nasional Thailand

BANGKOK: Perekonomian Thailand secara tidak terduga menguat pada kuartal pertama /2012 karena pabrik-pabrik kembali berproduksi dan konsumsi domestik yang meningkat setelah bencana banjir tahun lalu.Dewan Pembangunan Ekonomi dan Sosial Nasional Thailand mengungkapkan produk domestik bruto (PDB) negara tersebut naik 0,3% sepanjang 3 bulan pertama di tahun ini dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.Padahal, perekonomian Negeri Gajah Putih terkontraksi 8,9% pada kuartal sebelumnya. Bahkan, 18 ekonom yang disurvei Bloomberg sebelumnya mengestimasikan pertumbuhan Thailand turun lagi hingga 0,5%.Gubernur Bank Thailand Prasarn Traifatvorakul mengatakan otoritas moneter tidak akan memangkas lagi suku bunga acuannya karena pemulihan ekonomi telah melampui target, bahkan di tengah-tengah krisis utang Eropa dan harga minyak mentah yang tinggi.Industri manufaktur disana meningkatkan produksi setelah negara tersebut dilanda banjir terparah dalam 70 tahun terakhir yang memaksa pabrik-pabrik tutup sehingga mengganggu kegiatan produksi."Ekonomi yang rebound pasca banjir sangat baik sehingga menjaga Bank Thailand fokus kepada risiko inflasi nanti. Kita memang melihat adanya pemulihan, tapi pertumbuhannya tidak akan terlalu tinggi," jelas Sacha Tihanyi, Kepala Strategi Kurs Senior Scotiabank. (Bloomberg/03/ra).

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper