Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RI-TIMOR LESTE percepat buka akses 9 pintu perbatasan

JAKARTA:Pemerintah Indonesia dan Timor Leste bersepakat untuk mendorong percepatan pengoperasian 9 pintu lintasan utama di perbatasan  kedua negara tersebut, sehingga bisa makin mendorong  interaksi ekonomi .
Martin-nonaktif
Martin-nonaktif - Bisnis.com 20 Mei 2012  |  14:27 WIB

JAKARTA:Pemerintah Indonesia dan Timor Leste bersepakat untuk mendorong percepatan pengoperasian 9 pintu lintasan utama di perbatasan  kedua negara tersebut, sehingga bisa makin mendorong  interaksi ekonomi .

 

Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan selama ini telah disepakati 3 titik, dan saat kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Timor Leste pada 19-20 Mei 2012 telah disepakati untuk mengoperasikan pintu perbatasan yang keempat.

 

“Terdapat 9 batas wilayah perbatasan yang akan diberikan akses pintu masuk  dan keluar.  Dalam pertemuan kemarin  disepakati untuk mengoperasikan yang keempat.  Masih ada lima lagi pos pintu masuk perbatasan yang masih harus dibicarakan lebih lanjut,” kata Teuku menjawab pertanyaan wartawan di pangkalan TNI AU Halim, Minggu, 20 Mei, setelah kembali dari lawatan di Timor Leste bersama SBY.

 

Ketika ditanyakan rinciannya, Teuku mengatakan tidak hapal satu persatu namanya. Namun pada intinya,  dengan ada akses pintu masuk perbatasan tersebut  diyakini akan mendorong interaksi ekonomi lebih besar dari masyarakat perbatasan.

 

Di samping itu, tambahnya, hal tersebut juga terkait kemampuan Indonesia dan Timor Leste untuk  lebih mengawasi pergerakan manusia dari ke dua negara.

 

“Tentunya untuk bisa cepat menyelesaikan masalah perbatasan pintu masuk dalam konteks  di wilayah kita, [maka] kita  terus mendorong kemajuan fasilitas yang ada, kapasitas untuk pasar tradisional dikembangkan. Dengan demikian aktivitas ekonomi  di wilayah perbatasan bisa terdorong,” kata Teuku. (Bsi)

 

 

BERITA INVESTASI PILIHAN REDAKSI:

TOPIK AKTUAL:

ENGLISH NEWS:


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Puput Jumantirawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top