Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MOTOR LISTRIK: Ini dia sepeda motor listrik macho!

JAKARTA: Brammo Motorcycles, pabrikan motor listrik yang berbasis di Oregon, AS, merilis dua motor sport listrik dengan top speed 150 km/ jam, Empulse dan Empulse R.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 20 Mei 2012  |  07:26 WIB

JAKARTA: Brammo Motorcycles, pabrikan motor listrik yang berbasis di Oregon, AS, merilis dua motor sport listrik dengan top speed 150 km/ jam, Empulse dan Empulse R.

 

Motor listrik dengan enam tingkat kecepatan ini dilengkapi radiator air. Motor listriknya bisa menghasilkan 54 tenaga kuda.

 

Rem regeneratif yang menyerap energi pengereman  membuat baterai 9,3 Kwh tetap terisi selain pengisian standar menggunakan colokan listrik.

 

Baterai kosong akan terisi penuh dalam waktu 3,5 jam jika pengisian menggunakan carjer khusus jenis "Level 2 J1772" dan jika menggunakan soket biasa memerlukan waktu 8 jam.

 

Jarak tempuh di tol sekitar 80 km sedangkan di jalan biasa 170-an km.Empulse dilengkapi suspensi depan dan belakang yang semi-adjustable dan seluruh bodi menggunakan plastik.

 

Empulse R menggunakan baju serat karbon yang membungkus daerah lampu utama dan fender belakang.Brammo bisa juga dipesan lewat situs web perusahaan itu.

 

Brammo adalah pabrikan yang pertama kali merilis sepeda motor listrik dengna gigi percepatan, berbeda dengan selama ini motor tenaga listrik hanya mengenal gas dan rem.

 

Sepeda motor sport itu sebelumnya diperkenalkan di Los Angeles pada 8 Mei. Brammo memaki transmisi 6 kecepatan dengan teknologi IET dari Italia.

 

Brammo Empulse R memiliki daya maksimum 40kilowatt, dilengkapi radiator untuk mendinginkan motor AC dan baterai 10,2 kilowatt-jam. Waktu pengisian baterai 3,5 jam.

 

Torsinya 46,5 pound-foot, setara dengan sepeda motor konvensional 500cc. Jarak tempuhnya 56 mil di jalan tol dengan kecepatan konstan 70 mph, dan di dalam kota bisa mencapai 121 mil.

 

Brammo belum mengumumkan kecepatan maksimum Empulse R kecuali menyebutkan kendaraan itu bisa dipacu melebihi 100 mil/ jam.

 

Harga mahal

Sebelumnya pada 2011 Brammo listrik meluncurkan Enertia seharga US$8.000 dolar yang masih berbau skuter. Harga yang mahal untuk sepeda motor listrik.

 

Perusahaan lainnya yang menggeluti motor listrik adalah Zero yang bahkan mengeluarkan seri street, dirt bike, dan dual sport. Powertrain yang jadi andalan mereka adalah Z-Force.

 

Salah satu produk mereka, Zero S tipe ZF6,  punya jarak tempuh 76 mil untuk dalam kota dan 43 mil di tol.

 

Transmisinya otomatis satu percepatan, dengan waktu pengisian standard hingga 6 jam, kapasitas maksimum baterai 6kWh. (Antara/Bsi)

 

 

BERITA FINAL LIGA CHAMPIONS:

ARTIKEL LAINNYA:

ENGLISH NEWS:

+ JANGAN LEWATKAN5 Kanal TERPOPULER Bisnis.com

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Puput Jumantirawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top