Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mahasiswa baru akan TES URINE?

JAKARTA: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di kampus maka penerimaan mahasiswa baru akan diawali dengan tes urine.
nurul
nurul - Bisnis.com 19 Mei 2012  |  19:06 WIB

JAKARTA: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di kampus maka penerimaan mahasiswa baru akan diawali dengan tes urine.

 

"Itu hal yang  positif karena itu kami dukung perguruan tinggi yang melakukan penyaringan mahasiswa tidak hanya dari aspek akademik, tapi juga aspek perilaku dengan memberlakukan tes urine," katanya di sela-sela pembukaan Lomba Cipta Elektroteknik Nasional (LCEN) 2012 di Surabaya, 19 Mei 2012.

 

Dalam rilisnya, Nuh mengungkapkan bahwa tes urine, tes darah, dan tes apapun untuk meyakinkan anak yang berakhlak baik itu merupakan sesuatu yang positif.

 

"Kami juga tidak menginginkan mahasiswa itu hanya pintar, tapi perilakunya bobrok dan mengonsumsi narkoba," ujar Nuh.

 

Sebelumnya 15 Mei 2012, Badan Narkotika Nasional (BNN)  mengusulkan tes urine sebagai syarat pelajar atau calon mahasiswa dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

 

"Adanya tes urine, tentu akan dapat membantu meminimalkan dampak pengaruh narkoba,"kata mantan Rektor ITS Surabaya itu.

 

Menurut dia, Kemendikbud sangat mendukung langkah pencegahan bahaya narkoba yang merambah kampus, bahkan Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebut kampus sebagai "lahan subur" bagi narkoba.

 

"Soal  biaya tes urine itu tidak murah, apalagi jumlah calon mahasiswa baru bisa mencapai ratusan atau ribuan orang, karena itu kami menyerahkan sepenuhnya masalah itu ke perguruan tinggi masing-masing, baik biaya maupun teknisnya," kata Nuh.  (ea)  

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Marissa Saraswati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top