Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ratusan umat Buddha DOA BERSAMA di CANDI BOROBUDUR

MAGELANG: Ratusan umat Buddha dari sejumlah daerah di Indonesia dan mancanegara menggelar kogyu monlam atau doa bersama untuk keselamatan dunia di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat 18 Mei 2012.Panitia kogyu monlam, Linda Aryam Tiksna,

MAGELANG: Ratusan umat Buddha dari sejumlah daerah di Indonesia dan mancanegara menggelar kogyu monlam atau doa bersama untuk keselamatan dunia di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat 18 Mei 2012.Panitia kogyu monlam, Linda Aryam Tiksna, di Magelang mengatakan kegiatan ini diselenggarakan Yayasan Karmapa Triyana Dharmacakra dengan acara puja bhakti, pelepasan burung, penyerahan bantuan sembako, dan penanaman pohon bodi.Dia mengatakan kegiatan yang berlangsung pada 18--20 Mei 2012 di Taman Lumbini Candi Borobudur diikuti sekitar 300 umat Buddha dan 53 bhiksu dari sangha Tantrayana.Menurut dia, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendoakan perdamaian dunia, khususnya Indonesia. Mendoakan untuk kedamaian dan kesejahteraan semua makhluk yang ada di muka bumi."Rangkaian kegiatan dengan pemberian bantuan sembako 100 kantong, pelepasan burung dan penanaman pohon bodi sebagai simbol untuk kesejahteraan makhluk," katanya.Dia menyebutkan 53 bhiksu tersebut, antara lain berasal dari Nepal, India, Tibet dan Indonesia. Sedangkan umat yang hadir, antara lain dari Jakarta, Surabaya, Jawa Tengah, Palembang, Medan, Batam, Malaysia, Singapura, Hongkong, dan Taiwan.Linda menuturkan kegiatan kagyu monlam ini merupakan yang keempat dilaksanakan di Candi Borobudur. Penyelenggaraan di tahun-tahun mendatang rencananya juga akan tetap dilaksanakan di tempat yang sama."Kegiatan kogyu monlam ini dipimpin oleh bhiksu Zurmang Drukpa dari Tibet. Selain di Borobudur, kogyu molam juga diselenggarakan di seluruh dunia," katanya.Dia menjelaskan monlam adalah jalan untuk melakukan aspirasi agung sebagai suatu latihan darma yang berdasarkan bodhicitta. Latihan ini bertekat untuk mencapai kebuddhaan demi pencerahan dan kebahagiaan semua makhluk.Ia mengatakan, kegiatan monlam yakni melafalkan berbagai paritta suci seperti berlindung pada tri ratna, aspirasi agung samatha badra, prajnaparamita sutra, doa aspirasi sukhavati, dan pemberkahan suci untuk meningkatkan keberuntungan."Puncak kegiatan ini di hari terakhir umat Buddha akan melakukan pradaksina dengan mengelilingi Candi Borobudur. Candi ini merupakan satu-satunya stupa berbentuk mandala terbesar di dunia. Mandala merupakan bukti persembahan tertinggi kepada para Buddha dan bodhisattva," katanya. (Antara/ea)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswires

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper