Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

SOLO : Pengusaha jasa persewaan mobil di Kota Solo panen rejeki dengan melonjaknya permintaan, siring libur panjang pekan ini dalam rangka memperingati kenaikan Isa Almasih hingga berakhir Minggu mendatang.
 
Ketua Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Soloraya, Moch. Samrodin mengatakan libur panjang pekan ini, mulai Kamis lalu hinga Minggu mendatang, membuat pengusaha rental mobil panen rejeki, bahkan permintaan sewa mobil di Soloraya melonjak drastis hingga 50% dari hari biasa.
 
Menurutnya, melonjaknya order, membuat pihaknya terpaksa harus menolak atau belum bisa melayani permintaan konsumen, terutama pada hari Kamis, 17 Mei 2012.
 
Dia mengatakan para pelaku usaha rental mobil, biasanya rata-rata melayani order antara 5-10 unit per hari, namun liburan panjang pekan ini bisa mencapai angka 15-20 unit per hari.
 
"Bahkan untuk rental di tempat usaha saya pribadi bisa menyentuh angka 20 unit mobil laku disewa pelanggan, dari rata-rata 10 mobil," ujarnya hari ini.
 
Mmomentum libur panjang pekan ini banyak dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dengan berlibur ke luar kota maupun yang dari Jakarta untuk pulang ke kampung halaman di Solo, prosentase penyewa dari family sebanyak 60% dan yang dari Jakarta liburan di Solo menyewa mobil prosentasenya 40%.
 
"Sebagian besar mobil yang laris disewa adalah jenis Multi Purpose Vehicle (MPV), seperti Daihatsu Xenia, Toyota Avansa maupun Inova, dengan tarif sewa mulai Rp200.000 hingga Rp400.000 per hari," tuturnya.
 
Dia mengatakan meskipun sedang ramai permintaan, tarif sewa tersebut tetap tidak mengalami perubahan, karena pihaknya biasanya hanya menaikkan sewa pada akhir tahun dan juga menjelang libur Lebaran.
 
Samrodin mengaku meskipun ramai namun permintaan sewa mobil tersebut dinilai masih kecil, belum bisa stabil, hingga kedepan pihaknya segera menggandeng Pemkot Solo maupun pemerintah kabupaten sekitarnya untuk menjadi penyedia jasa mobil dinas melalui sistem rental.
 
"Kami juga akan menggandeng perhimpunan persewaan mobil Yogyakarta untuk menggaet turis di Yogjakarata agar juga berlibur di Solo sehingga menjadi peluang bisnis kami juga di sini, karena selama ini persewaan mobil di Yogyakarta untuk pariwisata cukup bagus," tuturnya. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Puput Ady Sukarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper