Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INDUSTRI PERTAMBANGAN: Antam diminta garap tambang emas di Sulsel

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 17 Mei 2012  |  15:40 WIB

 

 
 
MAKASSAR : Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengharapkan PT Antam Tbk ekspansi ke proyek eksploitasi kandungan emas di wilayah provinsi ini. 
 
 
Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang mengatakan kehadiran perusahaan tambang itu di Sulsel diharapkan berinvestasi dengan mengeksploitasi potensi pertambangan emas di Sulsel. "Jika ini diwujudkan akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi daerah ini. Apalagi, khusus di daerah Luwu, potensi tambangnya terbilang cukup besar, yakni nikel dan emas. Jadi Antam tidak hanya sekedar membuka counter penjualan emas, tapi juga mengeksploitasi," ujarnya, Kamis, 17 Mei 2012.
 
 
Menurutnya, dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan tambang itu telah melakukan eksplorasi di daerah Luwu serta ekpansi bisnis berupa pembukaan counter penjualan emas batangan di Makassar. Adapun counter penjualan emas batangan PT Antam Tbk di Makassar, secara resmi di buka Rabu 16 Mei 2012. Counter itu merupakan yang ketiga setelah sebelumnya PT Antam membuka counter yang sama di kota Surabaya dan Jakarta.
 

Kehadiran counter it umendapat apresiasi positif dari Pemprov Sulsel karena akan membuka peluang bagi warga di daerah ini untuk berinvestasi emas batangan. "Tapi, kami berharap ekspansi bisnis PT Antam tidak cuma membuka gerai, tapi juga tentunya melakukan ekplorasi kandungan emas di daerah ini," papar Agus.

 
Vice President (VP) Unit Bisnis Pengelolaan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia PT Antam Herman mengatakan Makassar dipilih sebagai lokasi pemasaran langsung produk emas murni batangan dengan pertimbangan animo masyarakat di daerah ini yang cukup tinggi dalam hal investasi pada sektor perdagangan logam mulia.
 
 
Sementara untuk eksploitasi kandungan emas yang ada di Sulsel, PT Antam sudah dalam tahap penjajakan terkhusus potensi emas di Luwu. "Cuma yang menjadi kendala, ekploitasi emas itu relatif sulit, dibandingkan dengan komoditas lain," ujarnya.
 
 
Secara nasional pada kuartal I/2012 PT Antam telah membelanjakan Rp19 miliar untuk proses ekploitasi kandungan emas yang ada pada seluruh Indonesia termasuk penjajakan eksploitasi emas di Sulsel. 
 
 
Adapun produksi dan penjualan emas PT Antam menyumbang pendapatan hingga 30% dari total pendapatan perseroan. Pada tahun 2011 PT Antam berhasil merealisasikan penjualan emas batangan yang mencapai 6 ton, sementara saat ini perseroan menargetkan meningkat 25% atau menjadi 8 ton.(msb)
 

 

BACA JUGA:

11:56 - Dolar AS Keok Di Pasar Asia

10:58 - HARGA EMAS Naik 1,93 Sen Dolar/Gram

06:53 - EDITORIAL BISNIS: Kasus Korupsi Jangan Tertutup Karena Musibah Sukhoi

02:25 - GAGALNYA LADY GAGA: Sold Out Dulu Baru Izin…?

01:55 - BLACK BOX SUKHOI: Ini Rute Perjalanan Panjang Kotak Hitam Setelah Ditemukan

01:46 - FINAL LIGA CHAMPIONS: Ujian Terberat DI MATTEO

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Amri Nur Rahmat

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top