Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LAHAN TIDUR: Manada gencarkan penanaman jagung & cabai

JAKARTA: Pemkot Manado menggencarkan program penanaman antara lain komoditas jagung dan cabai di sekitar 4.500 hektare lahan tidur yang ada sebagai upaya swasembada pangan.Wali Kota Manado Vicky Lumentut mengatakan sebagian lahan tidur yang akan ditanami

JAKARTA: Pemkot Manado menggencarkan program penanaman antara lain komoditas jagung dan cabai di sekitar 4.500 hektare lahan tidur yang ada sebagai upaya swasembada pangan.Wali Kota Manado Vicky Lumentut mengatakan sebagian lahan tidur yang akan ditanami ialah tanah untuk proyek pembangunan properti."Kami meminjam tanah yang belum dimanfaatkan pemiliknya. Diperkirakan setelah satu hingga tiga kali panen, tanah tersebut sudah bisa dikembalikan," katanya kepada Bisnis di sela-sela Rakornas TPID III, Rabu 16 Mei.Dia mengatakan komoditas cabai dan jagung dipilih karena permintaannya besar, tapi pasokannya terbatas. Selama ini pasokan cabai ke Manado berasal dari sejumlah wilayah di luar kota, seperti Gorontalo."Orang Manado suka makan cabai, tapi pasokannya dari luar kota. Bahkan, komoditas cabai menjadi kontributor terbesar inflasi pada bulan lalu," ujarnya.Guna menyokong program itu, Pemkot Manado menggandeng antara lain polisi dan pegawai negeri sipil untuk mulai menanam."Kami berharap hasil panen cabai dan jagung bisa mengisi kebutuhan pasar lokal, sebelum dijual ke daerah lain," ujarnya.(18/Bsi)

 

JANGAN LEWATKAN:

>>> 5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

>>> 8 ENTREPRENEUR YANG MENGINSPIRASI

>>> 10 ARTIKEL MOST VIEWED BISNIS.COM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Roberto Purba

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper