Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BERITA BOHONG atau meragukan seputar TRAGEDI SUKHOI

JAKARTA: Musibah jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet (SSJ) 100 menimbulkan banyak sekali kesimpangsiuran informasi.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 14 Mei 2012  |  23:14 WIB

JAKARTA: Musibah jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet (SSJ) 100 menimbulkan banyak sekali kesimpangsiuran informasi.

 

Berikut ini beberapa kabar bohong atau sulit untuk diterima kebenarannya menurut penelusuran Bisnis terkait dengan musibah yang terjadi pada Rabu, 9 Mei 2012.

 

o Ada penumpang yang tersangkut di pohon dengan menggunakan parasut. Informasi tersebut juga menyebutkan ditemukan korban dengan jasad utuh yang diperkirakan adalah pilot Sukhoi berkebangsaan Rusia.

 

Rumah Sakit Polri Dr Soekanto Jakarta membantah ada jasad utuh korban kecelakaan Sukhoi yang diterima rumah sakit tersebut.

 

"Hasil pemeriksaan sampai saat ini tidak ada parasut, tidak ada jasad utuh," kata Kepala Rumah Sakit Polri Dr Soekanto, Brigjen Pol Agus Prayitno, di Jakarta, Senin, 14 Mei 2012.

 

Dia mengatakan dari 25 kantong jenazah korban jatuhnya Sukhoi yang diterima sampai hari ini tidak jasad yang dalam keadaan utuh.

 

Pernyataan Agus itu membantah kabar mengenai temuan aparat TNI AD dari Koramil 2120 Ciomas, Bogor, yang katanya menemukan jenazah dalam kondisi utuh yang diduga sebagai pilot pesawat Sukhoi.

 

o. Foto korban yang beredar di dunia maya lewat jejaring sosial seperti twitter dan melalui BlackBerry Messenger.

 

"Saya pastikan foto-foto yang beredar bukan korban Sukhoi. Foto-foto itu 100% palsu," kata ahli telematika, RM Roy Suryo, di RS Soekanto, Jakarta, Minggu, 13 Mei 2012.

 

Dia mengungkapkan sejumlah foto yang beredar marak di jejaring sosial diambil dari satu website berbasis di Brasil pada kecelakaan pesawat Airblue pada 2010 silam di Pakistan.

 

"Penyebar pertama foto berinisial YS yang menyebarkan foto tersebut dari akun twitter dia," kata Suryo. Namun akun twitter YS sejak tanggal 12 Mei sudah dihapus.

 

Suara senada tentang foto itu adalah palsu juga dinyatakan oleh Kepala Bidang Penerangan Umum Mabes Polri Komisaris Besar Polisi Boy Amar.

 

o. Black box dari Sukhoi Superjet 100 sudah ditemukan.

 

Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Madya TNI Daryatmo, menegaskan black box atau kotak hitam pesawat Sukhoi Superjet 100 yang jatuh di Gunung Salak, Bogor sampai sekarang belum ditemukan."Tim masih bekerja untuk melakukan pencarian. Black box belum ditemukan," katanya kepada wartawan di Lapangan Pasir Pogor, Cipelang, Bogor, Jawa Barat, Senin 14 mei 2012.

 

Semula, kata dia, diindikasikan black box ditemukan. "Tapi ternyata bukan," katanya.

 

o. Ramalan pendeta TB Joshua asal Nigeria tentang musibah Sukhoi di Bogor. Namun, kesahihan  dari video berisikan ramalan pendeta itu diragukan oleh sebagian orang.

 

Dari posting-an video di Youtube, menurut penelusuran Bisnis, terlihat bahwa video tersebut diambil dalam dua kejadian yang berbeda. Hal itu bisa terlihat dari pakaian pendeta Joshua yang berubah-ubah sehingga menimbulkan pertanyaan.

 

Salah satu komentar yang meragukan keasilan video tersebut menyebutkan bahwa ramalan pendeta Joshua itu disampaikan pada Maret tahun 2011, bukan pada Minggu pekan lalu.

 

Bisnis juga mendapatkan kesamaan latar belakang pada video yang diunggah pada Maret 2011 dengan video yang muncul sehari setelah musibah Sukhoi terjadi.

 

JANGAN LEWATKAN:

>>Jakarta Stocks Decline 1.48% In Today's Closing Session

>> MARKET CLOSING—IHSG Anjlok 61,07 Poin

>> TRAGEDI SUKHOI: Penyebar  Foto Palsu Terancam  Denda Rp12 Miliar!

>> Sinyal negatif di bursa Asia menguat 

>> BBJ Targetkan Kontrak Kakao Tembus 300.000 Ton

>> 5 Kanal TERPOPULER Bisnis.com

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Sutan Eries Adlin

Editor : Marissa Saraswati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top