Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DUNIA PENDIDIKAN: UI Luncurkan pelatihan Cloud Computing

 
Inria Zulfikar
Inria Zulfikar - Bisnis.com 14 Mei 2012  |  22:03 WIB

 

 

DEPOK: Untuk membahas kesiapan Indonesia menyongsong teknologi komputasi atau Cloud Computing, Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia meluncurkan program pelatihan “Cloud Computing”, besok 15 Mei 2012 di Fakultas Teknik, Kampus UI Depok.

 

FTUI bekerjasama dengan CompTIA meluncurkan program pelatihan “Cloud Computing” yang pertama di Indonesia. Peluncuran program pelatihan ini ditandai dengan kuliah umum oleh Ashwin Sasongko selaku Direktur Jenderal

 

(Dirjen) Aplikasi dan telematika (Aptel) Kemkominfo, Juang Panjaitan selaku praktisi komputasi awan, serta Dennis Kwok selaku Vice President CompTIA.

 

Program pelatihan “Cloud Computing” di Indonesia merupakan komitmen Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia dalam mengembangkan inovasi teknologi di bidang information and Communication Technology (ICT). 

 

Dipilihnya CompTIA sebagai partner karena telah memiliki portofolio sertifikasi ICT yang diakui oleh dunia internasional. Saat ini, beberapa perusahaan besar seperti Apple dan Dell mewajibkan karyawannya memiliki sertifikasi CompTIA sebagai bukti keahlian di bidang ICT.

 

Nilai ekonomi dari teknologi komputasi awan kian meningkat dari waktu ke waktu. Di Indonesia, nilai teknologi komputasi awan diprediksi akan mencapai Rp. 2,1 triliun dengan sumbangan Software as a Services (Saas) sebesar 40%.

 

Para pemain di bidang teknologi komputasi awan terus bertambah, sehingga membutuhkan dukungan Sumber Daya Manusia yang memadai, yang menjamin terselenggaranya teknologi komputasi awan sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia serta membantu masyarakat memanfaatkan teknologi ini.

 

Peluncuran Progran Pelatihan Cloud Computing ini merupakan langkah nyata UI menghasilkan sumber daya manusia yang dapat menjawab tantangan global terkait perkembangan teknologi terkini serta peran aktif Departemen Teknik Elektro FTUI mengembangkan ICT di Indonesia khususnya di bidang teknologi komputasi awan.

 

Laboratorium Jaringan Komputer Departemen Teknik Elektro FTUI adalah tempat penelitian mahasiswa di bidang jaringan komputer dan telah mengembangkan pelatihan Cisco © dan sejak tahun 2000 telah menghasilkan lulusan berwawasan global. 

 

Selain itu, mahasiswa FTUI sering menjuarai berbagai perlombaan di bidang ICT seperti mewakili Indonesia di ajang kompetisi internasional Microsoft Imagine Cup 2010 dan 2011.(msb)

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Herry Suhendra

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top