Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PRODUKSI PERIKANAN: Kabupaten Bandung genjot produksi benih

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 12 Mei 2012  |  17:32 WIB

 

BANDUNG : Pemerintah Kabupaten Bandung menargetkan produksi benih ikan 2012 sebayak 1,255,304,428 ekor, untuk jenis ikan mas, nila, lele, dan aneka ikan air tawar lainnya.

 

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Hermawan mengatakan target produksi benih ikan 2012 diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para peternak ikan. “Kecendrungan para peternak hanya fokus pada proses pendederan dan pembesaran ikan saja, sehingga mereka (peternak) mengalami kesulitan ketika membutuhkan benih,” katanya.

Hermawan menuturkan program penunjang realisasi produksi benih ikan 2012, Dinas Peternakan dan Pertanian telah melaksanakan program peningkatan kualitas benih dengan pelatihan CPIB, dan penerapan teknologi tepat guna di areal pembenihan ikan seluas 279.47 hektare.

 

“Awal 2012 kami menambah 7 alat penetasan telur yang diberikan kepada kelompok pembenih yang tergabung dalam unit pembenihan rakyat (UPR) dan UPTD pembenihan ikan milik Dinas Peternakan dan Perikanan,” tuturnya.

 

Penambahan alat penetas telur tersebut untuk melengkapi fasilitas pembenihan ikan yang telah dibangun 2010 lalu, bantuan yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementrian Kelautan dan Perikanan RI berupa Dana Alokasi Khusus (DAK).

 

Hermawan menambahkan dengan adanya kucuran DAK 2010 lalu, produksi benih ikan 2011 terealisasi sebanyak 1,173,181,709 ekor benih ikan.

 

“Kami berharap peningkatan produksi benih 2012 tercapai dengan maksimal karena target produksi benih selalu tercapai pada tahun-tahun sebelumnya, meskipun hambatan serangan penyakit pada benih dan penyempitan lahan di areal pembenihan terus terjadi,” ujarnya. (ea)

 

 

+ JANGAN LEWATKAN:

>10 ARTIKEL PILIHAN REDAKSI

5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

10 Artikel MOST READ Bisnis.Com


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Maman Abdurahman

Editor : Marissa Saraswati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top