Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PRODUKSI PERIKANAN: Kabupaten Bandung genjot produksi benih

 

 

BANDUNG : Pemerintah Kabupaten Bandung menargetkan produksi benih ikan 2012 sebayak 1,255,304,428 ekor, untuk jenis ikan mas, nila, lele, dan aneka ikan air tawar lainnya.

 

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Hermawan mengatakan target produksi benih ikan 2012 diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para peternak ikan. “Kecendrungan para peternak hanya fokus pada proses pendederan dan pembesaran ikan saja, sehingga mereka (peternak) mengalami kesulitan ketika membutuhkan benih,” katanya.

Hermawan menuturkan program penunjang realisasi produksi benih ikan 2012, Dinas Peternakan dan Pertanian telah melaksanakan program peningkatan kualitas benih dengan pelatihan CPIB, dan penerapan teknologi tepat guna di areal pembenihan ikan seluas 279.47 hektare.

 

“Awal 2012 kami menambah 7 alat penetasan telur yang diberikan kepada kelompok pembenih yang tergabung dalam unit pembenihan rakyat (UPR) dan UPTD pembenihan ikan milik Dinas Peternakan dan Perikanan,” tuturnya.

 

Penambahan alat penetas telur tersebut untuk melengkapi fasilitas pembenihan ikan yang telah dibangun 2010 lalu, bantuan yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementrian Kelautan dan Perikanan RI berupa Dana Alokasi Khusus (DAK).

 

Hermawan menambahkan dengan adanya kucuran DAK 2010 lalu, produksi benih ikan 2011 terealisasi sebanyak 1,173,181,709 ekor benih ikan.

 

“Kami berharap peningkatan produksi benih 2012 tercapai dengan maksimal karena target produksi benih selalu tercapai pada tahun-tahun sebelumnya, meskipun hambatan serangan penyakit pada benih dan penyempitan lahan di areal pembenihan terus terjadi,” ujarnya. (ea)

 

 

+ JANGAN LEWATKAN:

>10 ARTIKEL PILIHAN REDAKSI

5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

10 Artikel MOST READ Bisnis.Com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Maman Abdurahman

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper