Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BLUEBIRD serahkan mobil pertama ke MUSEUM TRANSPORTASI

 
Arif Gunawan Sulistyono
Arif Gunawan Sulistyono - Bisnis.com 12 Mei 2012  |  17:02 WIB

 

JAKARTA: PT Blue Bird Group menyerahkan kendaraan operasional Taksi Blue Bird dan Silver Bird pertamanya kepada Museum Transportasi Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah. Taksi reguler Blue Bird dengan argo pertama ini diluncurkan sejak 1972 dan taksi eksekutif Silver Bird sejak 1993.

 

Penyerahan kedua taksi pertama Blue Bird ini dilakukan oleh CEO Blue Bird Group Purnomo Prawiro dan diterima oleh Direktur Umum Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Bambang Parikesit, disaksikan langsung oleh Sekretaris Jendral Kementerian Perhubungan Mohammad Ikhsan Tatang, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Suroyo Alimoeso, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Tundjung Inderawan, dan Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Sudirman Lambali di Museum Transportasi TMII, Sabtu, 12 Mei 2012.

 

"Kami menyerahkan dua kendaraan operasional pertama kami kepada Museum Transportasi untuk menambah koleksi museum ini," kata Purnomo.

 

Dia mengatakan bahwa di dalam Museum Transportasi TMII belum ada koleksi taksi, sehingga pihaknya berinisiatif melengkapi koleksi museum ini.

 

Purnomo menceritakan sejarah taksi eksekutif ini dimulai saat pemerintah Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Non Blok 1992. Pada saat itu pemerintah membutuhkan banyak armada untuk transportasi tamu-tamu kepala negara. Pihak swasta diminta turut berpartisipasi termasuk Blue Bird Group.

 

"Setelah KTT selesai, kami berinisiatif menjadikan armada tersebut untuk taksi eksekutif Silver Bird. Sebelumnya di Indonesia belum ada, sehingga taksi eksekutif pada 1993 ini menjadi bagian dari perjalanan sejarah transportasi di Indonesia. Untuk taksi reguler pada 1972 ini yang pertama menggunakan argo meter," ucap Purnomo.

 

Direktur Umum TMII Bambang Parikesit mengucapkan terimakasih kepada Blue Bird Group yang sudah menghibahkan dua unit taksinya yakni taksi reguler pertama ber argo meter dan taksi eksekutif Blue Bird di Museum Transportasi TMII sebagai rangkaian peringatan HUT ke-40 Blue Bird.

 

Dia menjelaskan TMII ini terdiri dari 33 anjungan Provinsi di Indonesia, 17 taman, 17 museum salah satunya Museum Transportasi yang berdiri sejak 1991. "Mudah-mudahan dihari yang akan datang lebih banyak lagi yang disimpan di TMII," ucap Bambang.

 

Sekjen Kemenhub Mohammad Ikhsan Tatang mengatakan dibutuhkan kerjasama dan sinergi antara pemerintah dan swasta. Blue Bird beroperasi sejak 1 Mei 1972. Selama 40 tahun Blue Bird, saat ini sudah ada 23.000 unit kendaraan,  dengan 17.000 diantaranya taksi berargo dan 8,5 juta pelanggan.

"Harapan masyarakat untuk pelayanan jasa transportasi yang prima dibutuhkan. Taksi Blue Bird menjadi salah satu kendaraan umum yang bisa melayani masyarakat," ucap Ikhsan. (ea)

 

+ JANGAN LEWATKAN:

>10 ARTIKEL PILIHAN REDAKSI

5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

10 Artikel MOST READ Bisnis.Com


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Marissa Saraswati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top