Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DUNIA PENDIDIKAN: ITSB lahirkan eco-technopreneur

 
nurul
nurul - Bisnis.com 11 Mei 2012  |  19:37 WIB

 

 

JAKARTA: Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB) mengharapkan tiap tahun nantinya bisa melahirkan eco-technopreneur baru untuk memenuhi kebutuhan grup Sinar Mas.

 

"Setiap tahunnya Grup Sinar Mas membutuhkan tenaga sarjana strata satu 1.000-2.000 orang tapi belum tercukupi. Oleh karena itu, kehadiran ITSB diharapkan dapat mencukupi kebutuhan tersebut sekaligus melahirkan eco-technopreneur baru," kata Ari Darmawan Pasek, Rektor ITSB, Kamis, 12 Mei 2012.Grup Sinar mas, ujarnya, imenggandeng Institut Tekhnologi Bandung (ITB) dan Pemkab Bekasi  untuk mendirikan Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB) di Green Campus Kota Delta, Bekasi. 

"Kita mengharapkan sebenarnya masyarakat Bekasi dan sekitarnya yang kuliah di sini. Jadi kita berharap para anak tukang ojek dan pegawai pabrik bisa kuliah dan mendapatkan lapangan pekerjaan yang layak," katanya. 

Hal itu di karena lulusan ITSB nantinya terserap ke dunia kerja melalui 300 perusahaan di bawah bendera Grup Sinar Mas, sehingga jika anak-anak di sekitar Bekasi memilih kuliah di ITSB akan mendapat jaminan pekerjaan. 

Tapi Ari mengakui masyarakat sekitar Bekasi masih kurang tertarik kuliah di ITSB, padahal selain mendapat jaminan kesempatan kerja juga mendapat beasiswa dan ikatan dinas.

 

Menurut Arie, para pengajar ITSB adalah dosen ITB. Bahkan bagi mahasiswa yang berprestasi, bisa mendapatkan gelar S1 dari ITB dengan kuliah disana. "Di Green Campus ITSB mahasiswa terbaiknya bisa menikmati dual degree dari ITB dan dari perguruan tingginya sendiri. Kehadiran kampus di tengah lingkungan industri ini sangat mendorong program link-match," katanya. 

Saat ini beasiswa ikatan dinas tersedia untuk Program Studi Teknologi Pengolahan Sawit (D3), yang diberikan oleh PT. Smart Tbk. Beasiswa serupa sedang diupayakan dari PT. Asia Pulp and Paper untuk mahasiswa Program Studi Teknik Energi (S1). 

Saat ini Program studi ditawarkan ITSN diantaranya, Program Studi Teknik Pengolahan Kelapa Sawit Program Diploma (D3), Program Studi Teknik Batubara Program Diploma (D3), Program Studi Teknik Pulp dan Kertas Program Diploma (D3) dan Program Studi Pengelasan Program Diploma (D3). (msb)

JANGAN LEWATKAN:

10 ARTIKEL PILIHAN Hari Ini

5 Kanal TERPOPULER Bisnis.com

Ini 10 Artikel MOST READ Setahun Terakhir

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Hilda Sabri Sulistyo

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top