Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PAMERAN KEAGAMAAN: Alkitab terbesar di dunia dipamerkan

 
Adhitya Noviardi
Adhitya Noviardi - Bisnis.com 10 Mei 2012  |  21:21 WIB

 

 

JAKARTA: Lembaga Alkitab Indonesia memamerkan Alkitab terbesar di dunia dengan ukuran 208 cm x 147 cm, dalam kondisi terbuka di ajang Indonesian Christian Retail Expo (ICRE) 2012 yang berlangsung di Mall Of Indonesia Kelapa Gading, Jakarta.

 

Alkitab edisi studi terbesar di dunia, dengan tebal sebanyak 2.120 halaman ini, dibuat dengan kertas bible paper 40 gsm, dengan berat total sekitar 150 kg. Sedangkan ukuran Alkitab asli yang biasa dipakai adalah 17 cm x 24,5 cm, dengan berat hanya 1,2 kg.

 

“Proses pembuatan Alkitab terbesar ini sekitar 1 tahun, dikerjakan oleh 20 orang, dan menghabiskan dana lebih dari Rp100 juta,” kata Alpha Martyanta, Kepala Departemen Penyebaran Lembaga Alkitab Indonesia, di sela-sela pembukaan acara ICRE 2012, Kamis 10 Mei 2012.

 

Dia mengatakan Alkitab yang sudah memperoleh Sertifikat MURI sebagai Alkitab terbesar di dunia pada Februari lalu, yang aslinya dipajang di Gedung Pusat Alitab, Jl. Salemba Raya Jakarta. “Sedangkan yang dipamerkan dalam pameran ICRE ini adalah dummy sebanyak dua halaman sesuai ukuran asli,” ujar Alpha.

 

Dia mengaku kesulitan dalam membuat alkitab besar ini adalah mencari mesin cetak yang bisa mencetak sesuai ukuran 208 x 147 cm. “Akhirnya kami memakai mesin cetak yang disiapkan sendiri, karena sudah mencari ke sejumlah percetakan tidak ada yang bisa,” ungkapnya.

 

Pameran ICRE 2012 ini, merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan oleh Christian Bookseller Association (CBA). Sebelumnya pada 2008 pertama kali diadakan di Istora Senayan yang dihadiri pengunjung sebanyak 15.000 orang. Pada 2011 yang kedua kalinya di MOI Kelapa Gading, dihadiri 24.000 orang. “Tahun ini targetnya sekitar 25.000 pengunjung saja,” kata Billy Lantang, Ketua Organisasi CBA Indonesia.

 

Billy mengatakan dalam pameran yang diikuti sebanyak 61 stand dari berbagai institusi ini, berlangsung selama lima hari (10-14 Mei), bertempat di lantai dasar MOI. Peserta a.l. menampilkan buku-buku tentang kerohanian, CD dan video music rohani, serta beragam souvenir.

 

“Selain itu juga ada talkshow bertema Great Life: Living as a kind person body, spirit and soul, bekerja sama dengan beberapa rumah sakit dan klinik dalam negeri dan asing. Peserta pameran juga ada dari negara jiran Singapura, dan Malaysia. Juga ada hiburan dari sejumlah artis penyanyi ibukota,” tambah Billy.(msb)

 

BACA JUGA:

>>Jangan Wait & See, Kejarlah Dolar & Obligasi

>>Sampoerna serious on bank business

>>BI Tak Bisa Mediasi Bos Femina vs Citibank Gara-Gara Potensi Keuntungan

>> SUKHOI CRASH: Police to identify victim's family to match with bodies

10 ARTIKEL PILIHAN Hari Ini

 5 Kanal TERPOPULER Bisnis.com

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Rahmayulis Saleh

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top