Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KERJASAMA PENDIDIKAN: RI-Thailand garap SMK

 
nurul
nurul - Bisnis.com 10 Mei 2012  |  21:05 WIB

 

 

JAKARTA: Indonesia dan Thailand sepakat bekerja sama dalam mengembangkan SMK di kedua negara dalam program School Partnership Indonesia-Thailand. 

" Tujuan program tersebut adalah untuk membangun komunitas pendidikan untuk perbaikan mutu, dan sarana untuk berbagi/bertukar ilmu pendidikan serta kearifan lokal masing-masing negara," kata Gatot Hari Priwirjanto,Direktur SEAMOLEC, hari ini, Kamis 10 Mei 2012. 

Sejak 2009, program sekolah bersama Indonesia-Thailand telah mempertemukan 21 SMK dari Indonesia untuk berpartner dengan 21 college dari Thailand. 

Setiap tahun kerja sama ini semakin meningkat. Terakhir, telah diselenggarakan Workshop School Partnership SMK/College Indonesia-Thailand Batch 2, pada 23-27 April lalu di Provinsi Nothanburi Thailand. 

Kegiatan ini diikuti oleh 27 SMK Indonesia (Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur) dan 33 college Thailand. Kedua negara saling melakukan penjajakan, dan pengembangan menyongsong Asian Community 2015. 

“Selain itu, program ini juga upaya untuk menjalankan mandat 11 menteri pendidikan di Asia Tenggara, untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh,” katanya. 

Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan kedua negara ini melibatkan sekolah-sekolah dan universitas yang dikembangkan bersama. Ada kegiatan pertukaran guru, siswa, dan materi pembelajaran yang dilakukan dengan SEA cyber class. 

“Setelah belajar bersama, akan ada ujian bersama mirip UN. Hal ini dilakukan untuk mengetahui nilai siswa SMK di wilayah Asia Tenggara. Berapa nilai bahasa inggrisnya, elektronika, ataupun pelajaran lainnya,” tambahnya.Program School Partnership tidak hanya dilakukan Indonesia dengan Thailand saja. Negara lain juga mengembangkan jenis program seperti ini misalnya dengan Kamboja, Laos, Vietnam, Filipina, dan Myanmar.(msb)

 

BACA JUGA:

>>Jangan Wait & See, Kejarlah Dolar & Obligasi

>>Sampoerna serious on bank business

>>BI Tak Bisa Mediasi Bos Femina vs Citibank Gara-Gara Potensi Keuntungan

>> SUKHOI CRASH: Police to identify victim's family to match with bodies

10 ARTIKEL PILIHAN Hari Ini

 5 Kanal TERPOPULER Bisnis.com

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Hilda Sabri Sulistyo

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top