Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ORACLE bidik pemasaran solusi pengalaman pelanggan

JAKARTA: Perusahaan peranti lunak Oracle melihat peluang besar di Indonesia dalam memasarkan solusi pengalaman pelanggan.
Erly Rusiawati
Erly Rusiawati - Bisnis.com 10 Mei 2012  |  22:43 WIB

JAKARTA: Perusahaan peranti lunak Oracle melihat peluang besar di Indonesia dalam memasarkan solusi pengalaman pelanggan.

Di kawasan Asia Pasifik, selain Indonesia, negara lain yang berpeluang besar yakni Filipina, Malaysia, dan Thailand.

 

Senior Director CRM Product Management JAPAC Oracle Chandru Relwani mengatakan potensi besar di Indonesia terlihat dari tingginya populasi penduduk dan penetrasi ponsel pintar."Tren adopsi pengalaman pelanggan sedang tumbuh di Indonesia. Secara geografi, Indonesia punya kota besar dan kota kecil yang mengandung berbagai macam kebiasaan pelanggan," katanya, Kamis, 10 Mei 2012.Relwani melihat kebiasaan pelanggan yang terus berubah merupakan tantangan bagi perusahaan dalam membidik pasar secara tepat.Perusahaan harus menyediakan konten yang akurat ke segmen konsumen yang tepat, misal saat memasarkan kartu kredit.Perusahaan pun harus paham pelbagai saluran komunikasi, macam Facebook dan ponsel pintar, untuk menganalisa kebutuhan pelanggan.Perusahaan harus dapat menghargai pelanngga, berinteraksi dengan pelanggan lewat berbagai saluran, dan tahu pengalaman hidup personal pelanggan. Perusahaan pun harus memberikan layanan dan menghargai pelanggan, misal memberikan hadiah."Banyak kompetitor dari luar datang ke Indonesia. Bagi perusahaan lokal pertanyaannya adalah bagaimana cara memahami pasar Indonesia dengan mendiferensiasi pasar secara lebih baik," ujar Relwani.Oracle menyediakan satu set solusi yang dapat digunakan perusahaan untuk membidik pasar secara akurat. Solusi itu yakni Siebel, Fatwire, ATG, Endeca, inQuira and Siebel. (ra)

 

BACA JUGA:

>>Jangan Wait & See, Kejarlah Dolar & Obligasi

>>Sampoerna serious on bank business

>>BI Tak Bisa Mediasi Bos Femina vs Citibank Gara-Gara Potensi Keuntungan

>> SUKHOI CRASH: Police to identify victim's family to match with bodies

10 ARTIKEL PILIHAN Hari Ini

 5 Kanal TERPOPULER Bisnis.com


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top