Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

VISIT KABUPATEN MALANG 2013Pemkab siapkan dana Rp180 miliar untuk infrastruktur

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 08 Mei 2012  |  17:25 WIB

 

MALANG: Pemkab Malang memasok dana Rp180 miliar untuk proyek infrastruktur, terutama untuk proyek jalan menuju kawasan wisata yang dimaksudkan mendukung program Visit Kab. Malang 2013.
 
Kepala Dinas Bina Marga Kab. Malang M. Anwar, mengatakan jalan-jalan menuju kawasan wisata di daerah tersebut terutama untuk kegiatan pelebaran dan peningkatan jalan. Ada yang ditingkatkan menjadi jalan ber-hotmix, ada pula yang dalam bentuk konstrtuksi beton.
 
“Dengan pelebaran dan peningkatan kualitas jalan menuju kawasan wisata pada 2012, maka pada 2013 jalan-jalan tersebut sudah dapat digunakan oleh wisatawan. Wisatawan nyaman menujun ke objek wisata karena jalannya telah memenuhi syarat,” kata M. Anwar di Malang  hari ini.
 
Jalan-jalan yang dimaksud, lanjut dia, seperti menuju Pantai Balaikambang, Kec. Bantur. Ruas jalan yang dilebarkan dan ditingkatkan menjadi jalan berhotmix sepanjang 1,5 km. Semula jalan di sana selebar 3,5 m dan dilebarkan menjadi 5 meter sehingga kendaraan yang berpapasan bisa lebih nyaman.
 
Peningkatan jalan lainnya menjadi berhotmix, yakni menuju kawasan Agrowisata Kebun The Wonosari, Lawang sepanjang 3 km, pelebaran dan penghotmixan sepanjang 1 km di Ngadas, kawasan wisata  di lereng Gunung Bromo. Jalan di sana dilebarkan menjadi 4 m dari 3 m.
 
Akses jalan menuju wisata ritual Gunung Kawi juga mendapatkan alokasi perbaikan. Ruas jalkan di Ngajum ditingkatkan menjadi jalan berhotmix sepanjang 1,5 km sertsa ruas Kebobang-Wonosari sepanjang 1 km dihotmix.
 
Selain itu, lanjut dia, akses jalan menunju kawasan agrowisata Poncokusumo dibangun jalan sepanjang 1,5 km.
Pada 2015, ujar dia, akses jalan menuju kawasan-kawasan wisata semuanya telah memenuhi syarat. Sudah ideal. Nyaman dan aman karena lebar jalan memenuhi syarat untuk mobil berpapasan.
 
Akses jalan menuju kawasan wisata perlu dibenahi karena kawasan tersebut menjadi wajah Kab. Malang, selain diharapkan dapat menyedot wisatawan dalam jumlah banyak. Pengunjung kawasan wisata tersebut diproyeksikan tidak saja terbatas pada warga Kab. Malang, malah terbanyak dari luar kota/kabupaten.
 
Karena itulah, citra Kab. Malang akan jelek di mata warga luar daerah jika infrastrukturnya tidak memenuhi syarat.
Karena alasan itu pula, akses jalan yang merupakan perbatasan dari daerah lain menjadi perhatian Pemkab. Malang. Jika akses jalan daerah perbatasan dari kota/kabupaten mutunya lebih bagus, maka Pemkab Malang harus mengimbangi sehingga kualitasnya tidak jomplang.
 
Alokasi anggaran sebesar itu diperuntukkan pula untuk pembangunan 23 jembatan di berbagai kecamatan. Ke-23 jembatan itu mendapatkan aloaksi Rp15 miliar, sedangkan nilai bangunan jembatan masing-masing berkisar Rp500 juta-Rp3 miliar.
 
Yang juga menjadi perhatian. Perbaikan jalan-jalan di desa lewat program kemutraan. Dari 378 desa di Kab. Malang semuanya mendapatkan alokasi anggaran yang nilainya bervariasi dari Rp80 juta-Rp200 juta.
 
“Di tengah anggaran kami yang terbatas dengan panjang jalan kabupaten yang mencapai 1.700 km dan jalan desa sepanjang 7.000 km, maka dana pemeliharaannya sangat tinggi. Karena itulah, kami dihadapkan skala prioritas. Untuk 2012-2015, prioritas pada pembenahan jalan menuju kawasan wisata.”(sut)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Choirul Anam

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top