Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

MAKASSAR: Komisi VI DPR diketahui telah menyarankan manajemen PT Semen Tonasa untuk membangun pabrik baru setelah pabrik Semen Tonasa V beroperasi Juni tahun ini untuk mengantisipasi tingginya permintaan semen terutama di kawasan Timur Indonesia.
 
Sumber Bisnis di anak perusahaan Semen Gresik tersebut mengatakan Wakil Ketua Komisi VI DPR saat berkunjung ke pabrik Semen Tonasa di Pangkep, Sulawesi Selatan Rabu 18 April lalu memberikan saran kepada Semen Tonasa untuk membangun pabrik baru.
 
Permintaan semen di kawasan timur Indonesia terbilang tinggi, sementara produksi semen dari dua pabrik semen besar yang ada, yaitu Semen Tonasa sendiri dan Semen Bowosa, belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pasar di kawasan timur.
 
Dia menambahkan  tahun lalu permintaan semen di kawasan timur mencapai 10 juta ton, dan pada tahun ini diprediksi akan meningkat antara 12 juta ton dan 15 juta ton. Produksi semen yang dihasilkan pabrik Tonasa saat ini hanya sekitar 4 juta ton per tahun. 
 
Dukungan pabrik Tonasa V yang direncanakan beroperasi Juni tahun ini pun dinilainya belum juga memadai untuk memenuhi permintaan semen khususnya di timur Indonesia. Produksi Tonasa V hanya mencapai 2,5 juta ton per tahun. Jika ditambah dengan produksi Tonasa yang sudah ada sekarang, maka total produksi hanya mencapai 6,5 juta ton.
 
Saat ini, tuturnya, progress pembangunan Tonasa V sudah 95%. ”Sisa finishing-nya saja yang kini sedang dikerjakan,” lanjut sumber itu. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Wiwiek Dwi Endah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper