BUKU SEJARAH gereja Jawa abad 18 diluncurkan

 
Djony Edward | 18 April 2012 21:13 WIB

 

JAKARTA: Sekolah Tinggi Teologi (STT) Jakarta bekerjasama dengan penerbit BPK Gunung Mulia merilis buku berjudul  Pangumbaran Ing Bang Wetan  atau perjalanan ke wilayah Timur yang ditulis oleh Yusak Soleiman.
 
Buku tersebut merupakan hasil penelitian disertasi Yusak Soleiman tehadap catatan sejarah gereja pada rentang abad ke-18 dan 19 yang dilakukan di Belanda dan sejumlah tempat di Indonesia dalam kurun waktu pengerjaan selama 6 tahun.
 
Yusak Soleiman merupakan sejarawan bergelar doktor lulusan Universitas Vrije Amsterdam Belanda yang juga seorang pendeta. “Gereja-gereja Indonesia, terutama di wilayah Timur dan Jawa secara sosial politik banyak dipengaruhi oleh Belanda,” ujarnya disela peluncuran bukunya, hari ini.
 
Buku yang ditulis dalam Bahasa Inggris tersebut terbagi ke dalam 9 bab pembahasan, diantaranya mengupas tenatang hubungan gereja dan negara di abad 18 serta perjalanan gereja pada masa Dutch East India Company (VOC).
 
Selain itu, banyak pula catatan dalam buku ini yang bercerita mengenai perjalanan gereja di tanah Jawa. “Saya mencoba merekonstruksi bagaimana perjalanan orang-orang Belanda membangun komunitas Kristen di Jawa,” jelas pengajar STT Teologi Jakarta itu. (sut)

Tag :
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top