PENDIDIKAN ANAK: Tlim tawarkan solusi pembentukan karakter

 
Zulkarnaini Muchtar
Zulkarnaini Muchtar - Bisnis.com 04 April 2012  |  19:48 WIB

 

JAKARTA: Pelaksanaan program The Leader in me (Tlim) dapat menjadi satu program untuk mengembangkan karakter kepemimpinan pada anak-anak, namun belum banyak sekolah yang menerapkan program tersebut. 
 
Program Tlim itu pertama kali diterapkan oleh Muriel Summers, Kepala Sekolah AB Combs Leadership Magnet Elementary School AS, satu sekolah dasar di AS. Dia sudah menerapkan program itu sejak 12 tahun yang lalu. 
 
Muriel, yang mengembang Tlim dari buku The Seven Habits itu, datang ke Indonesia untuk memaparkan pengalamannya tentang menerapkan pengalamanan. “Setiap anak mempunyai kelebihan dan bisa menjadi leader,” katanya. 
 
Direktur Dunamis Foundation Andiral Purnomo mengatakan di Indonesia baru tiga sekolah yang menerapkan program tersebut. 
 
“Kita berusaha menjembatani pihak sekolah dan swasta untuk menyalurkan kegiatan CSR perusahaan untuk menumbuhkan karakter kepemimpinan di sekolah-sekolah," katanya. 
 
Indonesia mempunyai peluang yang besar untuk mengembangkan karakter kepemimpinan anak-anak, namun belum banyak sekolah yang menerapkan program The Leader in me untuk mendukung kegiatan tersebut. Tiga sekolah di Jakarta telah menerapkan program The Leader in me (Tlim) untuk menumbuhkan karakter kepemimpinan. (sut)
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top