Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rektor UI: Senang ada yang laporkan ke KPK

JAKARTA: Laporan dugaan korupsi di UI oleh sekelompok pihak kepada KPK dalam kasus pembangunan gedung perpustakaan dan boulevard di kampus UI Depok serta biaya perjalanan dinas rektor keluar negeri disikapi dengan wajar.Kami justru senang ada pihak

JAKARTA: Laporan dugaan korupsi di UI oleh sekelompok pihak kepada KPK dalam kasus pembangunan gedung perpustakaan dan boulevard di kampus UI Depok serta biaya perjalanan dinas rektor keluar negeri disikapi dengan wajar."Kami justru senang ada pihak yang melaporkan kepada KPK. Dengan demikian, secara konstitusional akan dibuktikan kebenaran secara hukum," kata Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri hari ini.Menanggapi sekelompok pihak yang melaporkan kepada KPK pada Senin, dia menyatakan sebagai warga negara yang baik harus menghormati hukum. Di sisi lain, UI sebagai lembaga harus mampu memberi contoh penerapan GCG dan karenanya menyambut baik laporan ke KPK tersebut.Menurutnya, laporan keuangan dan tata kelola UI sangat transparan dan akuntabel. Laporan keuangan UI sejak 2008 hingga 2010 telah diaudit oleh akuntan publik yang ditunjuk oleh Majelis Wali Amanah (MWA) melalui proses tender terbuka.Audit eksternal tersebut memberikan penilaian tertinggi bagi laporan keuangan UI, yaitu "wajar tanpa pengecualian".Selain itu, beberapa lembaga pemerintahan juga pernah memeriksa keuangan UI pada tahun ini, seperti BPK dan Irjen Kementerian Keuangan. Semua hasil pemeriksaan mengkonfirmasi hasil audit dari akuntan publik.Lebih dari itu, UI juga secara transparan mengungkapkan laporan keuangan yang telah diaudit. Tidak hanya kepada para pemangku kepentingan seperti pemerintah dan MWA, tetapi juga kepada publik melalui situs Internet UI. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Inria Zulfikar
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper