Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: Pemerintah akan mengeluarkan instruksi Presiden untuk memerintahkan pusat dan daerah bersinergi secara nasional mengantisipasi kemungkinan bencana banjir di dalam negeri.
 
Presiden Susilo Bambang  Yuhodyono  mengingatkan antisipasi itu penting dilakukan mengingat saat ini negara di Asia Tenggara  terkena bencana banjir skla besar akibat perubahan cuaca.
 
“Aksi ini harus kita laksanakan secara nasional. Minggu depan saya berharap menteri terkait sudah menyiapkan instruksi  Presiden. Instruksi saya kepada jajaran pemerintah  terkait, termasuk para gubernur di seluruh  Indonesia, untuk juga melakukan langkah  antisipatif untuk mengurangi risiko  atas kemungkinan bencana banjir yang  datang,” kata Presiden SBY saat memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden hari ini.
 
Yudhoyono mengatakan pemerintah akan serius untuk melakukan antisipasi kemungkinan terjadinya banjir di Indonesia mengingat ada negara di Asia Tenggara yang diguyur curah hujan tinggi dan terkena bencana banjir skala besar.
 
Dia mendapat informasi banjir skala besar di sejumlah negara Asia Tenggara tersebut tidak pernah terjadi negara bersangkutan bahkan dalam puluhan tahun sebelumnya, seperti banjir Thailand.
 
Sementara itu banjir skala besar tersebut mengakibatkan munculnya kekhawatiran bakal terjadi penurunan produksi pertanian, dan berdampak pada perekonomian mengingat lumpuhnya sektor manufaktur, jasa, dan pelayanan apda publik.
 
“BMKG sendiri beberapa saat lalu juga sudah  mngeluarkan statement bahwa awal tahun depan akan ada sesuatu yang patut kita waspadai dan antisipasi. Mari kira cermati dan persiapkan segala sesuatunya,”  kata SBY. (arh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper