Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pusat dan pemda sinergi antisipasi banjir

 
Martin-nonaktif
Martin-nonaktif - Bisnis.com 25 November 2011  |  14:56 WIB

 

JAKARTA: Pemerintah akan mengeluarkan instruksi Presiden untuk memerintahkan pusat dan daerah bersinergi secara nasional mengantisipasi kemungkinan bencana banjir di dalam negeri.
 
Presiden Susilo Bambang  Yuhodyono  mengingatkan antisipasi itu penting dilakukan mengingat saat ini negara di Asia Tenggara  terkena bencana banjir skla besar akibat perubahan cuaca.
 
“Aksi ini harus kita laksanakan secara nasional. Minggu depan saya berharap menteri terkait sudah menyiapkan instruksi  Presiden. Instruksi saya kepada jajaran pemerintah  terkait, termasuk para gubernur di seluruh  Indonesia, untuk juga melakukan langkah  antisipatif untuk mengurangi risiko  atas kemungkinan bencana banjir yang  datang,” kata Presiden SBY saat memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden hari ini.
 
Yudhoyono mengatakan pemerintah akan serius untuk melakukan antisipasi kemungkinan terjadinya banjir di Indonesia mengingat ada negara di Asia Tenggara yang diguyur curah hujan tinggi dan terkena bencana banjir skala besar.
 
Dia mendapat informasi banjir skala besar di sejumlah negara Asia Tenggara tersebut tidak pernah terjadi negara bersangkutan bahkan dalam puluhan tahun sebelumnya, seperti banjir Thailand.
 
Sementara itu banjir skala besar tersebut mengakibatkan munculnya kekhawatiran bakal terjadi penurunan produksi pertanian, dan berdampak pada perekonomian mengingat lumpuhnya sektor manufaktur, jasa, dan pelayanan apda publik.
 
“BMKG sendiri beberapa saat lalu juga sudah  mngeluarkan statement bahwa awal tahun depan akan ada sesuatu yang patut kita waspadai dan antisipasi. Mari kira cermati dan persiapkan segala sesuatunya,”  kata SBY. (arh)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top