Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Permintaan gudang di Jatim masih tinggi

 
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 17 November 2011  |  17:18 WIB

 

SURABAYA:Permintaan properti pergudangan di Jatim diprediksikan masih tinggi, kendati pasarnya hanya terkonsestrasi di wilayah Surabaya dan beberapa daerah penyangga seperti Sidoarjo, Gresik dan Mojokerto.
 
Sementara itu untuk kabupaten dan kota lainnya diperkirakan tetap stagnan bahkan cenderung melambat. 
 
Kondisi tersebut terlihat pada perkembangan pembangunan properti pergudangan di Malang. Selain pertumbuhan proyeknya yang minim penyerapan pasarnya juga relatif lamban.
 
Proyek properti pergudangan milik PT Tanrise Property (Tanobel Grup) misalnya hingga kini belum juga habis terjual. Padahal developer ini boleh dikatakan pioner dan satu-satunya yang berani membangun gudang di Malang.
 
"Beda dengan Surabaya penjualan gudang hampir sejalan dengan rumah menengah ke bawah laris manis," ujar GM Tanrise Property  Ries Handono kepada Bisnis.
 
Minimal, katanya, setiap hari terjadi transaksi satu unit. Oleh karena itulah penyerapan properti pergudangan Tanrise tahap II di Sidoarjo hampir habis. 
 
Sementara yang di Malang dari 64 unit baru terjual 30%. Padahal proyek tersebut sudah cukup lama dipasarkan. "Target kami tidak bisa tercapai."
 
Menurut dia untuk beberapa daerah pertumbuhan properti gudang ternyata tidak dapat dikorelasikan dengan perkembangan dunia usaha seperti Usaha Kecil Menengah, kendati untuk saat ini sektor tersebut merupakan pasar potensial untuk bisnis pergudangan. 
 
"Lokasi yang dekat dengan fasilitas pelabuhan ternyata masih menjadi unggulan untuk bisnis penjualan atau persewaan gudang," tambahnya. (sut)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top