Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kriteria direvisi, populasi keluarga miskin di Balikpapan turun

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 16 November 2011  |  16:28 WIB

 

BALIKPAPAN: Jumlah keluarga miskin (gakin) di Kota Balikpapan diperkirakan turun, karena ada beberapa perubahan kriteria dalam penentuan angka tersebut seperti menderita penyakit kronis, tidak merokok dan tidak melakukan tindak kriminal.
 
Kepala Bidang Kependudukan Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan Hasbulah Helmi mengatakan pihaknya sedang melakukan verifikasi terhadap data keluarga miskin (gakin) yang diterima dari masing-masing kelurahan. 
 
"Kami belum bisa sebutkan angkanya. Namun, dari data awal diprediksi ada penurunan dibanding tahun sebelumnya," ujarnya hari ini.
 
Dia menambahkan pada 2010 jumlah gakin yang ada di Balikpapan sekitar 23.311 kepala keluarga. Angka tersebut turun dari tahun sebelumnya yang mencapai sekitar 23.733 kepala keluarga.
 
Penurunan tersebut dipicu oleh beberapa faktor seperti telah memiliki tingkat ekonomi yang tinggi dan kematian. Namun, ada pula gakin yang mengundurkan diri sebagai kelompok miskin karena malu dengan tetangga sekitarnya. 
 
"Ada sekitar 500 gakin yang mengundurkan diri dari gakin karena malu," tuturnya.
 
Helmy mengatakan nantinya data gakin tersebut akan dipublikasikan di media massa sehingga seluruh masyarakat tahu angka persis dari gakin. Selain itu, ada pula tanda gakin yang memberitahukan tentang status gakin tersebut. "Rumahnya pun harus ditempeli stiker gakin agar diketahui kalau yang bersangkutan benar-benar gakin."
 
Dia menambahkan hal ini sebagai upaya pengawasan dari lingkungan sekitar. Apabila ada keluarga yang ditengarai salah sasaran dan mendapatkan fasilitas gakin, masyarakat bisa melaporkan kepada kelurahan setempat.
 
Dia mengatakan pendataan gakin tersebut dilakukan setiap tiga tahun sekali dengan merujuk pada indikator yang dikeluarkan oleh Bappeda Kota Balikpapan. 
 
Tahun ini ada beberapa penambahan kriteria bagi keluarga yang tergolong gakin seperti warga yang menderita penyakit kronis, tidak terlibat tindakan kriminal serta tidak merokok. (sut)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Rachmad Subiyanto

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top