Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asuransi kerugian perbesar bisnis ritel individu

JAKARTA: Asosiasi asuransi kerugian atau umum mendorong industri untuk lebih giat masuk ke pasar ritel individual karena ada potensi jenuh pada segmen korporasi yang selama ini menjadi lahan utama bisnis asuransi kerugian.Direktur Eksekutif Asosiasi

JAKARTA: Asosiasi asuransi kerugian atau umum mendorong industri untuk lebih giat masuk ke pasar ritel individual karena ada potensi jenuh pada segmen korporasi yang selama ini menjadi lahan utama bisnis asuransi kerugian.Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Julian Noor mengatakan industri asuransi umum masih punya potensi memperbesar kue di pasar individual atau ritel. Dia mengatakan potensi pasar di segmen tersebut masih sangat besar. Hanya saja, relatif belum terlalu berkembang karena tidak mudah bagi asuransi untuk masuk ke segmen pasar tersebut.“Kendalanya, tidak mudah masuk ke pasar individual. Dalam mengembangkan polis ritel untuk individual, jika salah memilih jalur distribusi, biayanya dapat menjadi mahal, ” ujarnya, hari ini.Dia mencontohkan biaya operasional untuk menjual satu polis ritel kerap tidak sebanding dengan premi yang diperoleh. Sementara itu, ujarnya, perusahaan dapat membukukan premi bernilai besar hingga ratusan juta rupiah dengan menggarap satu nasabah korporasi.Dia memprediksikan porsi bisnis ritel individual baru mencapai 20% dari keseluruhan bisnis asuransi kerugian. Sementara itu sekitar 80% adalah bisnis asuransi dengan segmen korporasi.“Sebaiknya industri mulai memperbesar porsi ritel individual karena ada potensi jenuh pada pasar korporasi, seperti yang mulai terjadi pada segmen korporasi dengan jenis perlindungan properti pada saat ini,” ujarnya.(faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aurelia Nelly
Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper