Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dari Honolulu, SBY langsung ke Bali

JAKARTA: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meninggalkan Honolulu, Amerika Serikat, pada Senin waktu setempat dan langsung menuju Bali untuk mengikuti KTT ASEAN ke 19 selaku tuan rumah.Menurut Biro Pers dan Media Istana Kepresidenan, Presiden bersama

JAKARTA: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meninggalkan Honolulu, Amerika Serikat, pada Senin waktu setempat dan langsung menuju Bali untuk mengikuti KTT ASEAN ke 19 selaku tuan rumah.Menurut Biro Pers dan Media Istana Kepresidenan, Presiden bersama rombongan lepas landas menunju Bali melalui Bandara Hickam.Laman pribadi Presiden Yudhoyono menyebutkan Kepala Negara dilepas oleh Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal dan istri Rossa Patti Djalal.Pesawat kepresidenan Airbus A 330-300 lepas landas pada pukul 09.15 waktu setempat dan akan menempuh perjalanan selama 12 jam non-stop menuju Bandara Ngurah Rai, Bali. Presiden dengan rombongan dijadwalkan tiba di Bali pada sore ini.

Pada KTT ASEAN, Thailand diketahui secara resmi memasukkan proposal untuk melibatkan angkatan bersenjata se-Asia Tenggara untuk mengatasi bencana yang menimpa pada masing-masing negara Asean.Dalam taklimat khusus bagi media terbatas pagi ini, Sekretaris Jenderal ASEAN, Surin Pitsuwan, mengungkapkan proposal yang disebut Flood Prevention and Mitigation atau Perjanjian Kerja Sama Penanggulangan Bencana tersebut memungkinkan mobilisasi kesatuan militer masing-masing negara Asean dalam penangangan bencana alam."Proposal tersebut baru masuk. Dengan usulan ini seluruh aktivitas militer penanganan bencana alam akan memiliki payung koordinasi yang jelas. Hal ini merupakan kelajutan dari usulan di Pattaya pada 2009," ujarnya, Selasa 15 November.

Pada Oktober lalu, Kepala Satuan Angkatan Darat (KSAD) negara-negara ASEAN menyepakati nota kesapahaman dalam bidang penanggulangan bencana. Salah satunya dengan membentuk komite koordinasi bersama (Joint Coordination Committee/JCC) yang berada di bawah mekanisme forum pertemuan informal para panglima angkatan bersenjata ASEAN. (ea) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper