Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kinerja bank di Jatim positif

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 14 November 2011  |  17:37 WIB

 

SURABAYA: Sektor perbankan di Jawa Timur mencatat kinerja yang positif selama periode triwulan III/2011.
 
Mohamad Ishak, Pemimpin Kantor Bank Indonesia (BI) Surabaya, mengatakan penilaian ini berdasarkan sejumlah indikator seperti pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK), penyaluran kredit, serta total aset bank umum dan bank perkreditan rakyat (BPR).
 
"Secara umum, fungsi intermediasi yang dilakukan sudah berjalan dengan lancar dan menunjukkan perkembangan positif dibandingkan periode sebelumnya," katanya hari ini. 
 
Menurutnya, perkembangan kinerja perbankan yang positif ini merupakan salah satu pilar pendukung pertumbuhan ekonomi di Jatim.
 
Tercatat, total Aset Bank Umum dan BPR di Jawa Timur tumbuh 14,84% menjadi Rp 282,6 triliun dibanding periode yang sama tahun lalu. Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh sebesar 14,34% menjadi Rp 235,38 triliun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
 
Penyaluran kredit juga tumbuh dari Rp174,08 triliun pada triwulan II menjadi sebesar Rp181,89 triliun pada triwulan III/2011, atau meningkat sebesar 4,48 %. Jika dibandingkan dengan triwulan III tahun lalu, maka pertumbuhan penyaluran kredit mencapai 19,09%.
 
Pertumbuhan kredit yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) mendorong peningkatan loan to deposit ratio (LDR) dari 74,19 % pada triwulan III/2010 menjadi 77,27% pada triwulan III/2011.
 
Peningkatan kredit dan DPK perbankan juga diikuti peningkatan resiko kredit bank Umum dan BPR yang tercermin dari naiknya rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loans (NPL) menjadi 3,52% pada Triwulan III Tahun 2011 dari 3,08% pada periode yang sama tahun lalu. (sut)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Bunga Citra Arum N

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top