Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: Tim Penyusun Rencana Jangka Panjang Pembangunan Pertanian menilai pemerintah perlu mendorong industrialiasi pertanian (off farm), untuk menciptakan skala pertanian yang lebih besar.
 
Menteri Pertanian Suswono mengatakan model pertanian ke depan diarahkan ke sektor off farm dengan mendorong industrialisasi pertanian.
 
"Salah satu yang diangkat adalah problem lahan, karena menjadi hambatan. Apalagi dengan kepemilikan lahan petani yang semakin sempit," ujarnya seusai rapat dengan para mantan menteri pertania hari ini.
 
Tim Penyusun Rencana Jangka Panjang Pembangunan Pertanian terdiri dari para mantan menteri pertanian, akademisi, pengamat pertanian, dan perwakilan dari kementerian lain. 
 
Tim itu merumuskan model pertanian ke depan dengan lahan yang menjadi semakin sempit yang memengaruhi kesejahteraan petani.
 
"Mungkin pertanian ke depan tidak mesti on farm. Mungkin yang di on farm makin sedikit, karena lebih diarahkan ke industrialisasi pertanian."
 
Suswono mencontohkan model pertanian di Thailand dengan skala kepemilikan lahan cukup luas dan hanya 1 orang yang mengurus pertanian. 
 
"Penguasaan lahan tetap 3 hektare, sedangkan yang lain kerja di sektor hilir, off farm supaya kelayakan usaha ada. Kalau lahan semakin sempit dari skala ekonomi tidak memadai sehingga [sama saja] melestarikan kemiskinan."
 
Menurutnya, cara untuk mendorong sektor hilir pertanian dengan menciptakan lapangan pekerjaan di sektor off farm seperti industri pengolahan. 
 
"Mereka bisa bekerja di industri dengan keuntungan yang jauh lebih memadai dibandingkan dengan tetap bercocok tanam dengan luas lahan yang semakin sempit." (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper