Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Batik Indonesia mulai mendunia

JAKARTA: Indonesia saat ini menjadi perhatian pencinta batik dunia, dengan diselenggarakannya World Batik Summit 2011 di Jakarta convention Center, yang akan berlangsung hingga 2 Oktober nanti.Wiendu Nuryanti, Ketua Bidang Konferensi World Batik Summit

JAKARTA: Indonesia saat ini menjadi perhatian pencinta batik dunia, dengan diselenggarakannya World Batik Summit 2011 di Jakarta convention Center, yang akan berlangsung hingga 2 Oktober nanti.Wiendu Nuryanti, Ketua Bidang Konferensi World Batik Summit (WBS) 2011, menuturkan ada sejumlah isu yang dibicarakan dalam pertemuan yang diikuti sejumlah negara asing ini."Ada tiga hal pokok yang dibahas dalam acara yang cukup penting ini. Ada isu tentang making creative world dengan menduniakan batik secara luas, bisa berupa busana, interior, kerajinan, dan lainnya," katanya hari ini di sela-sela acara WBS yang dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.Pokok bahasan lainnya adalah batik sebagai culture heritage. Sebagai warisan budaya benda dan tak benda,  katanya, batik harus dijaga keseimbangannya antara pelestariannya dan pengembangannya ke depan."Seperti batik cap, print, yang bukan tulis, dan batik modern, nantinya membawa dampak negatif atau tidak," ujar Wiendu.Selain itu juga dibicarakan batik sebagai industri kreatif. "Luas sekali kontribusinya sebagai kreatif ekonomi, ada 14 komponen di dalamnya. Seperti fashion, art & craft, interior dan lainnya," tambahnya.Selama ini, katanya, batik dianggap sebagai dunianya orangtua. "Nah, anggapan itu yang perlui ditepis dan tidak benar. Sebab, trennya sekarang batik sudah masuk ke semua segmen usia. Regenerasi batik dari masa ke masa berjalan baik. Batik jadi bagian kehidupan sehari-hari dan remaja senang memakai batik," ungkapnya.Hasil akhir dari WBS ini, lanjutnya, sebagai payung pecinta batik, akan ada deklarasi bersama dari stakeholder bidang batik, langkah apa yang diperlukan," tutur Wiendu.(api) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper