Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

YKI ingatkan bahaya kanker serviks

JAKARTA: Ira Wibowo, Dewi Gita, Sandrina Malakiano, Sigi Wimala, dan Chika Putri Bagaskara bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) mempromosikan pencegahan dan deteksi dini kanker serviks dalam kampanye bertema "Everything I Can" yang dicanangkan sejak

JAKARTA: Ira Wibowo, Dewi Gita, Sandrina Malakiano, Sigi Wimala, dan Chika Putri Bagaskara bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) mempromosikan pencegahan dan deteksi dini kanker serviks dalam kampanye bertema "Everything I Can" yang dicanangkan sejak 2007.Berdasarkan data Kemenkes pada 2008, hanya 5% perempuan Indonesia yang melakukan pap smear sebagai salah satu metode dini kanker serviks. Padahal sekitar 40 kasus baru kanker serviks ditemukan pada perempuan Indonesia setiap harinya. Selain itu, data dari International Agency for Research on Cancer pada 2008, sekitar 50% penderita kanker serviks tidak terselamatkan. Artinya, sekitar 20 perempuan Indonesia terancam meninggal dunia setiap hari akibat penyakit berbahaya ini.Oleh karena berbahayanya kanker serviks ini, aktris Sigi Wimala mengaku tidak pernah bosan melakukan tugas sebagai duta untuk menyebarluaskan pengetahuan mengenai kanker serviks dan penyakit HPV lainnya. Penyanyi Dewi Gita memiliki pengalaman saat merawat mendiang kakaknya, Nita Tilana yang menderita kanker serviks. Pengalaman ini membuat dia mengimbau semua perempuan untuk melakukan deteksi dini secara reguler."Lebih dari separuh perempuan yang terjangkit kanker serviks berada di usia produktif 35-55 tahun. Namun, sebagian dari mereka sudah terinfeksi sejak masa mudanya," ujar dokter spesialis obstetri dan ginekologi Rumah Sakit Wanita dan Anak Brawijaya Diana Mauria Ratna Asih dalam siaran pers yang diterima Bisnis hari ini. Menurut dia, mereka yang memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker serviks adalah mereka yang sering berganti pasangan, menikah di usia muda, melahirkan banyak anak, dan perokok. Diana menjelaskan banyak perempuan yang tidak menyadari mereka telah terinfeksi virus Human Papilomavirus (HPV), penyebab kanker serviks. Gejala penyakit ini baru terlihat secara kasat mata setelah penyakit tersebut diidap selama lima hingga tujuh tahun. Akibatnya, seseorang bisa menularkannya kepada orang lain tanpa dia sadari melalui sentuhan pada organ genital, oral genital, dan manual genital.Aktris Ira Wibowo mengikutsertakan putrinya, Chika Putri Bagaskara dalam kampanye "Everything I Can" karena ingin membekali sang putri dengan menyeluruh tentang penyakit ini. Dia berharap Chika bisa meneruskan informasi ini kepada teman-teman sebaya sehingga melakukan pencegahan sedini mungkin.Menurut presenter Sandrina Malakiano, cara efektif untuk mencegah berbagai penyakit yang disebabkan HPV virus adalah dengan pencegahan primer melalui vaksinasi dan pencegahan sekunder melalui pap smear."Sejak usia 9 tahun, baik anak laki-laki maupun perempuan sudah dapat menerima vaksinasi HPV yang mencegah kanker serviks, kutil kelamin, dan pra-kanker vulva sekaligus. Vaksin ini sudah tersedia di pasaran dan merupakan solusi nyata bagi perempuan Indonesia,' kata Diana. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper