Kedubes Rusia sumbang SD di Cirebon

JAKARTA: Sejumlah staf Kedutaan Besar Rusia bersama guru-guru sekolah Kedutaan Rusia hari ini mengunjungi Sekolah dasar negeri di Karang Kendal (Kab.Cirebon, provinsi Java Barat).
Inria Zulfikar | 23 Desember 2010 07:29 WIB

JAKARTA: Sejumlah staf Kedutaan Besar Rusia bersama guru-guru sekolah Kedutaan Rusia hari ini mengunjungi Sekolah dasar negeri di Karang Kendal (Kab.Cirebon, provinsi Java Barat).

Para guru-guru sekolah Kedutaan rusia itu bercerita kepada murid-murid sekolah di Cirebon tentang Rusia dan kebudayaan Rusia. Selain itu juga memberikan bantuan kepada sekolah dan menghadiahi anak-anak dari keluarga- keluarga tidak mampu, kata Alexander Zimin dari Dinas Pers dan Informasi Kedutaan Besar Rusia.

Dalam rangka acara ini sekolah-sekolah di Cirebon mendapat sumbangan berupa barang-barang olahraga, beberapa CD musik Rusia dan CD TV-versi pertunjukan teater Cerita Tahun Baru dari Rusia dalam bahasa Indonesia untuk anak-anak.Murid-murid kelas II-VI sekolah ini (umur 7-12) menerima tas-tas dengan alat-alat tulis.

Acara ini juga dihadiri oleh wakil-wakil Pengurus Yayasan Lembaga Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GN-OTA), Kepala Desa dan Direktur sekolah tersebut. Seusai acara resmi para murid sekolah memainkan musik nasional dan membaca puisi-puisi dalam bahasa Indonesia.

Kunjungan staf kedutaan dan guru-guru sekolah Kedutaan Rusia di Jakarta ini merupakan bagian dari peringatan 60 Tahun hubungan Rusia dan Indonesia pada tahun ini. Sebelumnya, dilaksanakan penanaman tiga pohon Trembesi dilaksanakan di sisi barat Taman Monumen Nasional, kemarin oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Fauzi Bowo, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Kemlu RI, Duta Besar Retno L.P Marsudi dan Duta Besar Federasi Rusia untuk RI, Alexander A. Ivanov.

Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Rusia, sekaligus mempererat hubungan Kerjasama Sister City Jakarta Moskow yang telah dijalin sejak tahun 2007.

Dalam sambutannya, Dirjen Amerop menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon bersama ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik RI-Rusia, yang dimulai dengan penyelenggaraan Days of Russia in Indonesia 2009 pada tahun lalu.Kegiatan tersebut jugadiikuti dengan Days of Indonesia in Russia 2010 . Selain menyumbang bagi penghijauan Jakarta, pohon-pohon tersebut menyimbolkan hubungan kerjasama RI-Rusia yang perlu dijaga dan dipelihara hingga tumbuh kokoh dan bermanfaat.

Duta Besar Federasi Rusia Alexander A. Ivanov menekankan bahwa kegiatan penanaman pohon bersama ini merupakan langkah praktis dalam mengimplementasikan hubungan bilateral.

Gubernur DKI Jakarta menegaskan bahwa dipilihnya Taman Monumen Nasional yang terletak di pusat wilayah Provinsi DKI Jakarta sebagai lokasi penanaman merupakan kontribusi Jakarta dalam hubungan kerjasama kedua negara, juga dalam konteks kota bersaudara (sister city cooperation) antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Moskow.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top