Keagenan Allianz cetak premi Rp156,74 miliar

JAKARTA: PT Asuransi Allianz Utama Indonesia per 30 November 2010 mencatat gross written premium (GWP) atau premi bruto mencapai Rp156,74 miliar dari jalur distribusi keagenan.
Mochammad Subarkah
Mochammad Subarkah - Bisnis.com 10 Desember 2010  |  08:48 WIB

JAKARTA: PT Asuransi Allianz Utama Indonesia per 30 November 2010 mencatat gross written premium (GWP) atau premi bruto mencapai Rp156,74 miliar dari jalur distribusi keagenan.

CEO Allianz Utama Indonesia Don Nguyen mengatakan pencapaian tersebut mengalami kenaikan sebesar 4,84% dibandingkan dengan perolehan pada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp149,5 miliar.

Menurut dia, kenaikan premi melalui jalur keagenan Allianz Utama tersebut didukung oleh lebih dari 1.500 agen aktif yang melayani lebih dari 53.000 pemegang polis.

Kami terus mengupayakan pengembangan jalur distribusi keagenan yang sejalan dengan strategi Allianz Utama untuk mengembangkan bisnis ritel, ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, hari ini.

Don Nguyen menuturkan hampir 50% dari total premi bruto jalur keagenan atau Rp78 miliar tercatat diperoleh dari pelanggan ritel, di mana tercatat peningkatan sebesar 8% dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu sebesar Rp72 miliar.

Adapun, sisa premi bruto dari jalur keagenan tercatat berasal dari bisnis korporasi sebesar Rp51,2 miliar, turun 4% dari tahun sebelumnya, serta dari usaha kecil menengah (UKM) Rp27,5 miliar yang juga turun dari tahun lalu Rp 29,2 miliar.

SVP Chief Agency Officer Allianz Utama Indonesia Banua Sianturi menyatakan premi bruto dari divisi keagenan disumbangkan oleh seluruh agen yang berlokasi di tujuh kantor cabang yakni di Bandung, Makasar, Semarang, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Jakarta.

Selain itu, sebanyak 20 kantor pemasaran yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia juga turut memberikan kontribusi terhadap pendapatan premi bruto tersebut.

Kantor cabang Jakarta adalah satu-satunya kantor cabang murni berbasis keagenan,yang berarti merefleksikan kinerja seluruh divisi keagenan Allianz Utama. Kantor cabang ini menunjukkan pertumbuhan GWP sekitar 30% dibandingkan tahun sebelumnya, katanya.

Banua menuturkan untuk meningkatkan profesionalisme agen, Allianz Utama mendukung sepenuhnya inisiatif regulator dan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) terkait dengan sertifikasi agen asuransi umum.

Saat ini, kami memiliki lebih dari 700 agen tersertifikasi di seluruh kantor cabang di Indonesia. Sisanya masih menunggu jadwal ujian sertifikasi dari AAUI, tukas Banua yang juga menjabat Kepala Departemen Keagenan AAUI. (04)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top