Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terungkap! Ivanka Trump Pernah Melakukan Ini untuk Hentikan Aborsi

Putri Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Ivanka, dan suaminya Jared Kushner disebut-sebut pernah menyogok sebuah organisasi nirlaba untuk menghentikan layanan aborsi.
Ivanka Trump/Reuters
Ivanka Trump/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA – Putri Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Ivanka, dan suaminya Jared Kushner disebut-sebut pernah berupaya ‘menyogok’ sebuah organisasi nirlaba untuk menghentikan layanan aborsi.

Dalam memoarnya berjudul “Make Trouble: Standing Up, Speaking Out, and Finding the Courage to Lead”, Presiden Planned Parenthood Cecile Richards mengungkapkan pernah bertemu secara langsung dengan pasangan tersebut pada Januari 2017.

Pasangan populer yang juga adalah pejabat Gedung Putih itu disebutnya menawarkan kesepakatan peningkatan pendanaan federal untuk Planned Parenthood jika organisasi ini bersedia menghentikan layanan aborsi.

“Isu utamanya, seperti yang dijelaskannya [Kushner], adalah aborsi,” tulis Richards dalam memoarnya yang dikutip majalah People.

“Jika Planned Parenthood ingin mempertahankan pendanaan federal, kami harus berhenti menyediakan layanan aborsi. Dia [Kushner] menggambarkan pemikiran idealnya itu dengan headline dalam koran nasional bertajuk 'Planned Parenthood Menghentikan Layanan Aborsi.’”

People juga melansir bahwa Richards menuliskan bagaimana ia didesak oleh Kushner untuk menyepakati ide tersebut. “Saya diminta bergerak cepat,” katanya.

Namun, lanjut Richards, ia serta merta menampik usulan tersebut dengan menyebutnya seakan-akan sebagai suatu sogokan.

Planned Parenthood dikenal merupakan organisasi nirlaba yang menyediakan layanan perawatan kesehatan reproduksi di Amerika Serikat dan secara global.

Sepertiga dari sekitar 900.000 tindak aborsi yang dilakukan di AS setiap tahun, dilakukan di Planned Parenthood. Organisasi ini menerima lebih dari US$500 juta dalam pendanaan federal untuk layanan nonaborsi.

Prosedur aborsi memang kerap menjadi perdebatan hingga ke ranah politik di AS. Partai Republik beberapa kali diketahui mengancam akan memangkas dana federal untuk Planned Parenthood.

Namun, RUU pengeluaran sebesar US$1,3 triliun yang ditandatangani Trump bulan lalu tidak menargetkan pendanaan untuk organisasi tersebut.

Dilansir CNBC, memoar yang ditulis Richards menempati posisi 7 Amazon Best Sellers List pada Rabu pagi (4/4/2018) waktu setempat, terhitung hanya satu hari sejak dirilis pada Selasa.

Sementara itu, pihak Gedung Putih belum bersedia merespons pemberitaan terkait hal ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper