Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Skenario Pilpres 2019

Wakil Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Bidang Politik Dalam Negeri Priyo Budi Santoso memperkirakan terdapat tiga skenario dalam Pilpres 2019.
Presiden Joko Widodo/Antara-Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo/Antara-Puspa Perwitasari

Kabar24.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Bidang Politik Dalam Negeri Priyo Budi Santoso memperkirakan terdapat tiga skenario dalam Pilpres 2019.

Tiga skenario itu adalah : pertama, dua kubu mengulang Pilpres 2014 antara Jokowi dan Prabowo sebagai risiko demokrasi. Kedua, kemungkinan muncul poros ketiga yang dimotori oleh Partai Demokrat, PKB dan PAN yang dinilainya juga bagus untuk demokrasi di Indonesia.

Ketiga, skenario calon tunggal Jokowi berpasangan dengan Prabowo karena persyaratan 20 persen.

"Menambah elektabilitas penting, orang perkasa yang posisinya menguntungkan, jika salah pilih pasangan akan menyulitkan, kalau ada cawapres bisa selesaikan masalah ini, bisa jadi peluang besar," ucap Priyo di Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Pada kesempatan itu, dia mengusulkan sejumlah sosok dari luar partai untuk mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019.

"Ada nama lain yang bisa, untuk ekonomi dan juga Islam yang patut dipertimbangkan ada Jimly Asshiddiqie, Din Syamsudin dan Mahfud MD dari jalur luar partai, tetapi punya kelebihan sisi keislaman," kata Priyo.

Dia menyayangkan apabila tokoh berkualitas yang tak tergabung dalam parpol, kemudian tidak dipilih. Padahal, seperti Din Syamsudin dekat dengan Presiden Jokowi.

Meski begitu, ia berpendapat tokoh-tokoh dari partai yang akan diusulkan masing-masing partai pendukung juga figur yang layak.

Tokoh yang mendampingi Jokowi, menurut dia, sebaiknya memiliki kriteria dapat meningkatkan elektabilitas, meskipun berdasarkan sejumlah survei menunjukkan elektabilitas Jokowi tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper