Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILKADA KEDIRI 2015: PAN Bikin Artis Hengky Kurniawan Kecewa

Artis Hengky Kurniawan kecewa kepada Partai Amanat Nasional (PAN) yang tak serius mencalonkan dirinya sebagai Bupati Kediri.
Hengky Kurniawan/cuek.biz
Hengky Kurniawan/cuek.biz

Kabar24.com, JAKARTA-- Artis Hengky Kurniawan kecewa kepada Partai Amanat Nasional (PAN) yang tak serius mencalonkan dirinya sebagai Bupati Kediri.

Karena itu Hengky memilih mundur dari pilkada dan menolak dijadikan calon boneka.

Hengky mengatakan pembatalan keikutsertaannya dalam pilkada Kabupaten Kediri merupakan keputusannya sendiri. Hengky sengaja menarik diri dari pemilihan karena melihat ada yang tak beres dari PAN Kabupaten Kediri.

“Saya memang menarik diri, bukan diganti,” kata Hengky, Selasa (27/7/2015).

Artis kelahiran Kabupaten Blitar ini tak bisa menyembunyikan kekecewaannya terhadap sikap PAN yang dianggap tak konsisten. Hengky pun menceritakan sejarah pencalonannya yang justru inisiatif pengurus PAN Kabupaten Kediri.

Menurut Hengky, PAN menganggapnya sebagai sosok muda yang memiliki popularitas besar untuk menandingi kekuatan Bupati Kediri Haryanti Sutrisno yang sudah menguasai pemerintahan selama 15 tahun.

Dinasti

Sejak 2000 – 2010 Kabupaten Kediri dipimpin oleh suami Haryanti, Sutrisno. Saat ini jabatan Ketua DPRD pun juga dipegang adik iparnya sendiri.

Melihat situasi yang cenderung stagnan dan dikuasai dinasti politik Haryanti, PAN tergerak melakukan perubahan dengan menggandeng Hengky.

Pilihan tersebut didasarkan pada perolehan suara Hengky pada pemilihan legislatif lalu yang meraup 69.000 suara untuk calon anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kediri, Tulungagung, dan Blitar.

“Itu suara yang tak sedikit,” kata Hengky.

Strategi

Dengan alasan tersebut, Hengky menerima pinangan PAN untuk maju sebagai calon Bupati Kediri. Karena itu Hengky langsung tancap gas menggerakkan timnya di Kabupaten Kediri untuk menginventarisasi persoalan yang dihadapi masyarakat Kediri sejak tujuh bulan lalu.

Bersama-sama kader PAN dan simpul masyarakat yang dimiliki pada saat pemilihan legislator, Hengky sudah menyusun rencana strategi kampanye. Demikian pula soal pendanaan yang disepakati untuk dipikul secara gotong royong.

Namun, pada Senin (27/7/2015), PAN berkoalisi dengan Partai Gerindra untuk mendaftarkan Ari Purnomo Adi dan Arifin Tafsir sebagai pasangan calon bupati dan wakil periode 2015–2020 di kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kediri.

Ari Purnomo Adi adalah seorang dokter yang diusung Gerindra, sedangkan Arifin Tafsir adalah Ketua DPD PAN Kabupaten Kediri.

Arifin mengatakan pencalonannya menggantikan Hengki Kurniawan ini adalah keputusan DPP PAN. Langkah politik Hengki yang juga asal Kabupaten Blitar terpaksa berhenti setelah tak kunjung mendapatkan pasangan hingga detik terakhir pendaftaran bakal calon di KPU. Ini lantaran Partai Gerindra yang diajak berkoalisi tak bersedia mengajukan calon untuk mendampingi Hengki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper