Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

VIRUS MERS: Korsel Asuransikan Wisatawan Asing Rp1,19 Miliar

Pemerintah Korea Selatan berusaha menenangkan para wisatawan asing untuk tidak perlu ragu melancong sehubungan maraknya kasus virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) di Negeri Ginseng ini.
Wabah MERS melanda Korea Selatan/independent.co.uk
Wabah MERS melanda Korea Selatan/independent.co.uk

Kabar24.com, JAKARTA - Pemerintah Korea Selatan berusaha menenangkan para wisatawan asing untuk tidak perlu ragu melancong sehubungan maraknya kasus virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) di Negeri Ginseng ini.

Untuk menghilangkan kekhawatiran terhadap keamanan pariwisata Korea, Kementerian Budaya, Olahraga, dan Wisata Korea bersama Asosiasi Agen Perjalanan Korea menyediakan asuransi bagi wisatawan asing.

Direktur Korea Tourism Organization, Hyonjae Oh mengatakan program pemberian asuransi ini dijalankan selama tiga bulan, dari 22 Juni sampai 21 September 2015.

Untuk mendapat asuransi, wisatawan tidak perlu menempuh prosedur khusus. Sebab, asuransi berlaku otomatis ketika wisatawan asing tiba di Korea.

“Ciri khusus asuransi ini adalah wisatawan asing tidak perlu melakukan langkah khusus dan langsung terdaftar ke dalam program asuransi secara otomatis ketika masuk ke Korea,” kata Hyonjae Oh.

Hyonjae Oh menjelaskan jika wisatawan asing positif terkena MERS dalam dua puluh hari setelah kedatangan ke Korea, wisatawan tersebut berhak mendapat kompensasi pengobatan sebesar 5 juta won atau sekitar Rp 59,7 juta. Ini mencakup biaya pengobatan, biaya perjalanan dan kompensasi.

Adapun jika wisatawan asing meninggal dalam 20 hari setelah dinyatakan positif MERS, wisatawan tersebut akan mendapat kompensasi sebesar 100 juta won atau sekitar Rp 1,19 miliar.

Program asuransi ini tidak berlaku untuk pemilik visa dengan waktu tinggal jangka panjang dan lama, penduduk tetap, serta kru penerbangan dan pelayaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper