Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JUAL IJAZAH PALSU: Rp60 Juta untuk Gelar Profesor University of Berkley

Lembaga Manajemen Internasional Indonesia (LMII) yang berafiliasi dengan University of Berkley, Michigan, telah menghasilkan ratusan alumni dari dalam dan luar negeri.
Kasus ijazah palsu/Antara
Kasus ijazah palsu/Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Lembaga Manajemen Internasional Indonesia (LMII) yang berafiliasi dengan University of Berkley, Michigan, telah menghasilkan ratusan alumni dari dalam dan luar negeri.

Apa rahasia yang membuat orang-orang, dari pejabat hingga duta besar itu, tertarik mendaftar? Barangkali karena promosinya.

Rektor University of Berkley Liartha S. Kembaren juga menawarkan iming-iming promosi itu kepada Tempo. "Kalau kamu bisa ajak tiga orang untuk daftar, buat kamu gratis," kata Liartha saat ditemui di kantornya, Selasa (26/5/2015).

Penawaran khusus itu berlaku bagi semua orang. Untuk diketahui, tarif University of Berkley dipatok puluhan juta untuk tiap program.

"Biayanya tak pernah berubah sejak awal," ucap Liartha. 

Untuk profesor dikenai biaya Rp60 juta, PhD US$ 5.700, doctor honoris causa Rp 45 juta, MBA Rp 35 juta, dan BBA Rp 25 juta. Sebanyak 65 persen dari total biaya harus dibayarkan saat mendaftar. Sisanya dapat dicicil tiap bulan. 

University of Berkley menawarkan program pada bidang manajemen dan bisnis. Tiap program diklaim berdurasi 2-3 tahun. Program akan lebih cepat berlangsung bila peserta memiliki banyak sertifikat seminar kepemimpinan atau manajemen. 

Kampus ini menjadi sorotan setelah Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M. Nasir melakukan inspeksi mendadak pekan lalu. University of Berkley disebut telah mengeluarkan ijazah palsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper