Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UJIAN NASIONAL 2015: Tips Lulus Ujian dari Menteri Anies

Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan, membocorkan kiat bagi para siswa yang bakal menghadapi ujian nasional (UN).
Anies Baswedan/Antara
Anies Baswedan/Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan, membocorkan kiat bagi para siswa yang bakal menghadapi ujian nasional (UN).

Menurut dia, sisa waktu yang kurang dari sepekan itu harus dihadapi dengan strategi yang tepat.

"Kerja kerasnya harus dibatasi hingga H-1," kata Anies, Kamis (9/4/2015).

Jadwal UN untuk siswa sekolah menengah atas bakal digelar pada 13-15 April 2015. Panitia pelaksana sudah mendistribusikan sebagian naskah ujian untuk sekolah yang belum menerapkan ujian berbasis komputer, khususnya daerah terpencil.

Anies menjelaskan, para peserta didik hendaknya menggunakan sisa waktu untuk mempelajari kembali materi pelajaran.

"Jangan menggunakan sistem SKS alias sistem kebut semalam. Kalau begitu caranya, paginya nanti bisa kecapekan dan gagal mengerjakan ujian dengan baik karena mengantuk," ujarnya.

Menurut Anies, para siswa hendaknya memiliki waktu istirahat yang cukup sebelum menghadapi ujian. Panduan yang ideal adalah tidur selama delapan jam.

"Biar keesokan paginya badan terasa lebih segar dan bisa mengerjakan soal dengan baik," katanya.

Selain anjuran tersebut, Anies juga mengingatkan para siswa, orangtua, dan pihak sekolah untuk tidak tergoda dengan bujukan pihak tertentu yang menjanjikan bocoran soal. Sebab, praktik itu bakal mempengaruhi peluang kelulusan mereka dalam proses seleksi ke jenjang perguruan tinggi.

"Indeks integritas sekolah akan dikeluarkan bersamaan dengan hasil UN. Jadi, sekolah yang indeks integritasnya tinggi akan diuntungkan ketika anak didiknya mendaftar ke universitas. Sebaliknya, sekolah dengan indeks integritas rendah akan merugikan siswa sekolah tersebut," ujar Anies.

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper