Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kiat Pelindo III Gaet Kunjungan Kapal Pesiar Asing

Kementerian Pariwisata menargetkan kunjungan kapal pesiar di pelabuhan dengan hinterland obyek wisata melesat ke angka 321 unit tahun ini, dengan total penumpang/turis sejumlah 228.716 jiwa.
Kapal pesiar/cruiseandrail.net
Kapal pesiar/cruiseandrail.net

Kabar24.com, SURABAYA-- Kementerian Pariwisata menargetkan kunjungan kapal pesiar di pelabuhan dengan hinterland objek wisata melesat ke angka 321 unit tahun ini, dengan total penumpang/turis sejumlah 228.716 jiwa.

Target tersebut terdiri dari potensi sandaran di Bali sejumlah 58 kapal dengan 85.972 turis, Nusa Tenggara 97 kapal dengan 79.822 turis, Jawa 32 kapal dengan 32.966 turis, Maluku 20 kapal dengan 3.602 turis, dan Sumatra 11 kapal dengan 3.510 turis.

Untuk itu, PT Pelindo III (Persero) telah mempersiapkan pelayanan khusus agar dapat mencapai target tersebut. Dirut Pelindo III Djarwo Surjanto mengungkapkan salah satu bentuk pelayanan yang diberikan adalah membangun terminal penumpang berkelas internasional.

" Langkah kami adalah memberikan kenyamanan kepada penumpang, tidak hanya kapal pesiar tapi juga kapal laut domestik. Salah satunya, kami sudah menyediakan fasilitas terminal Gapura Surya Nusantara di Tanjung Perak, dengan standar yang menyerupai bandara,” katanya dalam laporan yang diterima Bisnis, Minggu (18/1/2015).

Baru-baru ini, dalam kunjungannya ke Tanjung Perak, Presiden Joko Widodo berjanji menjadikan Gabura Surya Nusantara sebagai terminal percontohan bagi terminal-terminal penumpang yang akan segera dibangun di pelabuhan-pelabuhan lain.

“Standar di Tanjung Perak akan kami pakai untuk semua pelabuhan. Ruang tunggu bagus, pelayanan ticketing kelihatan, sebagaimana standar di semua negara. [Terminal yang akan dibangun] di Merak-Bakauheni akan seperti ini,” tuturnya dalam kunjungan dua pekan silam.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan juga menilai terminal penumpang di Tanjung Perak layak dijadikan percontohan nasional bagi pelabuhan-pelabuhan lain.(Kabar24.com)

BACA JUGA:

Dikabarkan Putus, Ini Respons Pacar Cristiano Ronaldo

Hasyim Muzadi Diberi Gelar Tuanku Imam Nahdliyin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Sumber : Bisnis.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper