Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ROMA—Sri Paus Benediktus XVI, secara resmi bernama Benedictus PP. XVI dalam bahasa Latin, (lahir di Marktl am Inn, Bayern, Jerman, 16 April 1927; umur 85 tahun. Ia terlahir sebagai Joseph Alois Ratzinger).
 
Ia terpilih sebagai Paus Gereja Katolik Roma pada 19 April 2005.
 
Ia adalah Uskup Roma, pemimpin Negara Kota Vatikan dan Gereja Katolik Roma termasuk Gereja Katolik Timur dalam komuni dengan Takhta Suci.
 
Ia dilantik sebagai Paus secara resmi saat Misa Pelantikan Paus pada 24 April 2005.
 
Pada usia 78 tahun, dia adalah Paus tertua yang dilantik dalam 275, tahun terakhir sejak Paus Klemens XII (yang terpilih pada tahun 1730 pada umur 3 bulan lebih tua dari Ratzinger).
 
Benediktus XVI merupakan Paus berdarah Jerman pertama sejak Paus Adrianus VI (1522-1523) yang dilahirkan di wilayah bagian Jerman Kuno yang sekarang menjadi bagian dari negara Belanda.
 
Paus terakhir yang berasal dari Jerman Modern adalah Paus Viktor II yang meninggal pada tahun 1057. Benediktus XVI merupakan Paus Jerman kedelapan dalam sejarah sejak Paus berdarah Jerman pertama Paus Gregorius V.
 
Paus terakhir yang bergelar nama kepausan Benediktus, Paus Benediktus XV, bertugas sebagai dari 1914 hingga 1922 pada masa Perang Dunia I.
 
Pengunduran diri Paus ini merupakan peristiwa langka. Pasalanya, inilah pertama kali dalam 600 tahun terakhir. Paus terakhir yang mengundurkan diri adalah Gregory XII pada 1415.
 
Menurut Wikipedia, dari 265 Paus, dia adalah orang Jerman keenam yang dipercaya menjadi Paus dan yang pertama sejak abad ke-11. Dia menjadi Paus pada 2005. (CNN/msb/ln)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Lahyanto Nadie
Sumber : newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper