Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiba di Bandara Soetta, Paus Fransiskus duduk di Samping Supir Kijang Innova Zenix

Paus Fransiskus yang menjadi pimpinan umat Katolik di dunia, tanpa segan duduk di samping supir mobil Kijang Innova Zenix.
Paus Fransiskus melambaikan tangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta selama kunjungan apostoliknya ke Asia, di Tangerang, Indonesia, 3 September 2024. REUTERS/Willy Kurniawan
Paus Fransiskus melambaikan tangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta selama kunjungan apostoliknya ke Asia, di Tangerang, Indonesia, 3 September 2024. REUTERS/Willy Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Terdapat hal menarik dari ketibaan Paus Fransiskus saat menginjakkan kaki di Indonesia. Sebab, pemimpin Tahta Suci Vatikan itu menolak menggunakan mobil mewah dan memilih mobil yang merakyat.

Menurut pantauan Bisnis, Paus Fransiskus menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix dalam kunjungannya ke Indonesia pada 3 sampai 6 September 2024. 

Duduk di sebelah kemudi, Paus lebih memilih mobil penumpang yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Padahal, mayoritas kepala negara pada umumnya kerap menggunakan mobil mewah hingga mobil antipeluru selama berkunjung ke negara lain. Apalagi, Paus Fransiskus bukan hanya kepala negara Vatikan, tetapi juga pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia.

Dalam perjalanannya menuju Kedutaan Besar Vatikan di Indonesia, Jakarta Pusat pada Selasa (3/8/2024). Terlihat dari salah satu rombongan mobil Kijang Innova Zenix putih berplat SCV 1 berwarna putih, yang dinaiki Paus.

Paus terlihat duduk di sebelah kemudi dari mobil yang dilengkapi  dengan bendera Indonesia dan Vatikan itu. Meskipun mengendarai mobil yang merakyat, tetapi rombongan yang mengantar Bapa Suci tersebut langsung memasuki ke dalam kedutaan, dengan pengamanan yang ketat.

Bagaimana tidak, karena sejak terlihat pada pukul 08.10 WIB, mobil Kijang Innova Zenix berplat SCV 1 terpantau masuk dalam area gedung VIP Bandara Soekarno Hatta, Jakarta. Mobil tersebut masuk bersama iring-iringan mobil protokol serta delegasi dengan total 22 mobil

Sementara itu, pesawat ITA Airways yang membawa rombongan Paus Fransiskus dari Roma tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta. Pesawat terpantau mendarat pukul 11.16 WIB dan berhenti tepat pukul 11.30 WIB.

Spesifikasi Innova Zenix

Untuk diketahui, mobil Innova Zenix berasal singkatan dari Zenit dan X. akronim tersebut memiliki makna Zenit sebagai puncak performa dan X (crossover) yang merepresentasikan All New Kijang Innova Zenix memiliki desain ala crossover.

Mobil yang mempunyai tampilan elegan ini dibanderol mulai Rp425,6 jutaan hingga Rp624,6 jutaan dengan tersedia dalam tiga varian untuk konsumen. Toyota All New Innova Zenix merupakan generasi ketujuh dari keluarga Kijang di Tanah Air.

Mobil ini mengalami banyak perubahan hingga jadi tonggak sejarah baru dalam evolusi Kijang di Indonesia.

Mesin tersebut memiliki tenaga kuda atau horse power hingga 171 hp pada putaran 6.600 rpm dan torsi puncak 204 Nm di putaran 4.500-4.900 rpm. Untuk transmisinya, menggunakan CVT.

Kendaraan ini pun membenamkan mesin M20A-FXS berkapasitas 2.0-liter dan mampu mengeluarkan tenaga sebesar 149 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 187 Nm di putaran 4.400-5.200 rpm.

Mesin tersebut dipadukan dengan motor listrik yang mempunyai tenaga 111 hp dan torsi maksimum 205 Nm. Soal transmisi, mengandalkan e-CVT. Tak hanya itu, kendaraan itu juga terdapat baterai Ni-MH berukuran kompak yang disimpan di bawah kedua jok kursi depan.

Dengan mengusung platform TNGA (Toyota New Global Architecture), baterai tersebut tidak membuat kabin mobil jadi kurang lega. Bahkan, mengenai konsumsi BBM mobil ini lebih irit 20-40 persen jika dibandingkan Innova Reborn. Penyebabnya, mesin bensin bekerja saat mobil sudah melaju lebih dari 50 km per jam.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper