Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa dan Dzikir Setelah Sholat Fardhu sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Urutan bacaan doa dan dzikir setelah sholat fardhu lengkap beserta lartin dan artinya sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW.
Bacaan doa dan dzikir setelah sholat fardhu sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW lengkap beserta artinya./Bisnis.com
Bacaan doa dan dzikir setelah sholat fardhu sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW lengkap beserta artinya./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Rasulullah SAW memerintahkan umat Islam untuk membaca dzikir setelah sholat fardhu. Banyak keutamaan yang didapatkan kaum muslimin yang rajin melantunkan dzikir setelah sholat.

Setelah menjalankan sholat fardhu, hendaknya seorang muslim tak buru-buru bangkit dan meninggalkan masjid. Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk membaca dzikir setelah sholat fardhu.

Perintah dzikir kepada Allah SWT juga tercantum dalam Surat An-Nisa ayat 103 yang berbunyi: "Apabila kamu telah menyelesaikan salat, berzikirlah kepada Allah (mengingat dan menyebut-Nya), baik ketika kamu berdiri, duduk, maupun berbaring."

Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Abu Hurairah menjelaskan bahwa dzikir setelah sholat fardhu punya banyak keutamaan.

"Siapa yang bertasbih, bertahmid, dan bertakbir setelah sholat sebanyak 33 kali dan menutupnya dengan membaca la ilaha illallah la syarika lahu lahul mulku wa lahulhamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan." (H.R Abu Hurairah)

Bacaan dzikir dan doa setelah sholat fardhu singkat ini bisa dibaca setelah sholat Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu

1. Membaca Istighfar (3x)

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ

"Astaghfirullah hal’adzim" (3x)

Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah" (3x)

2. Membaca Tahlil

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

"Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul hamdu yuhyi wayumitu wahua ‘alaa kulli syai’in qadiir" (10x)

Artinya: "Tiada tuhan selain Allah yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya miliknya kerajaan dan pujian, (Ia) pula yang menghidupkan dan mematikan. Dan Dia Maha kuasa atas segala sesuatu." (10x)

3. Doa Memohon Perlindungan Dari Api Neraka

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

"Allahumma ajirni minan-naar" (3x)

Artinya: "Ya Allah, jauhkan kami dari api neraka." (3x)

4. Doa Memohon Keselamatan

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ . وَمـِنْـكَ السَّلَامُ . وَإِلَيْكَ يَــعُــوْدُ السَّلَامُ . فَحَــيِّــنَــا رَبَّــنَـا بِالسَّـلَامِ . وَأَدْخِـلْــنَــا الْـجَـــنَّــةَ دَارَ السَّـلَامِ . تَـبَارَكْـتَ رَبَّــنَـا وَتَـعَـالَــيْتَ يَا ذَا الْجَـلَالِ وَالْإِكْـــرَامِ

"Allahumma antassalam, waminkassalam, wa ilayka ya’uudussalam fakhayyina rabbanaa bissalaam wa-adkhilnaljannata darossalaam tabarokta rabbanaa wata’alayta yaa dzaljalaali wal ikraam."

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari kejelekan-kejelekan, kekurangan-kekurangan dan kerusakan-kerusakan) dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Dzat Yang Maha Agung dan Maha Agung dan Maha Baik."

5. Doa Berserah Kepada Allah SWT

اَللّٰـهُـمَّ لَا مَـانِـعَ لِـمَـاۤ أَعْـطَــيْتَ وَلَا مُـعْــطــِيَ لِـمَـا مَـنَعْـتَ

وَلَا رَاۤدَّ لِـمَـا قَـضَــيْتَ وَلَا يَــنْفَـعُ ذَا الْجَــدِّ مِـنْـكَ الْجَـــدُّ

"Allahumma laa maani’a lima a’taita walaa mu’tiya lima mana’ta wala radda lima qadhaita wa laa yanfa’u dzaljadda minkaljadd"

Artinya: "Ya Allah tidak ada yang mencegah apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang bisa memberi apa yang Engkau cegah, dan tidak ada yang bisa menolak ketetapan-Mu. Tidak berguna kekayaan dan kemulian itu bagi pemiliknya. Hanya dari-Mu kekayaan dan kemulian."

6. Doa Memohon Pertolongan

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَل ى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

"Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husnii ‘ibaadatika"

Artinya: "Ya Allah, bantulah aku untuk senantiasa berdzikir dan bersyukur kepada- Mu, serta selalu beribadah dengan baik kepadamu."

7. Berdzikir

سُبْحَانَ اللهِ

"Subhanallah" (33x)

Artinya: "Maha Suci Allah" (33x)

الْحَمْدُلِلهِ

"Alhamdulillah" (33x)

Artinya: "Segala Puji Bagi Allah" (33x)

اللهُ اَكْبَرُ

"Allahu Akbar" (33x)

Artinya: "Allah Maha Besar" (33x)

8. Doa Agar Diterima Amal dan Ibadah

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِي وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ مُ

"Rabbana taqabbal minna innaka ‘antas sami’ul ‘alim, wa tub ‘alainaa innaka anta atawwabur rohiim" (3x)

Artinya: "Ya Tuhan kami terimalah amal dari kami sungguh Engkaulah yang Maha Mendengar Maha Mengetahui; dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang." (3x)

9. Bersholawat Nabi Muhammad SAW

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

"Wa shallallahu ‘ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallama"

Artinya: "Semoga sholawat dan salam Allah tercurah atas Junjungan kami Nabi Muhammad, serta keluarga dan para sahabat beliau."

Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat

Dzikir Pertama

أَسْتَغْفِرُ اللهَ (٣×) اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلامُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

"Astaghfirullah" (3x) "Allahumma anta assalaam, wa minka assalaam, tabaarakta yaa dzal jalaali wal ikraam"

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah, (3x). Ya Allah, Engkau Mahasejahtera, dan dari-Mu kesejahteraan, Mahasuci Engkau, wahai Rabb Pemilik keagungan dan kemuliaan."

Dzikir Kedua

لا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرُ، اللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْت، وَلَا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِ مِنْكَ الْجَدُّ

"Laa ilaaha illa Allahu wahdahu laa syariika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'ala kulli syai'in qadiir, Allahumma laa maani'a limaa a'thaita wa laa mu'thiya limaa mana'ta wa laa dzal jaddi minka aljaddu"

Artinya: "Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah Yang Mahaesa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala ke- rajaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang men- cegah apa yang Engkau beri dan tidak ada yang memberi apa yang Engkau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya dari (siksa)-Mu."

Lanjut dzikir tasbih, tahmid, dan takbir 33x.

سُبْحَانَ اللهِ (۳۳×) اَلْحَمْدُ لِلَّهِ (۳۳×) اللهُ أَكْبَرُ (۳۳×)

"Subhaanallah" (33x) "Alhamdulillah" (33x) "Allahu Akbar" (33x)

Artinya: "Maha Suci Allah, (33x)" "Segala puji bagi Allah, (33x)" "Allah Maha Besar, (33x)"

Dzikir ketiga

لا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِير

"Laa ilaaha illa Allahu wahdahu laa syariika lahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'ala kulli syai'in qadiir."

Artinya: "Tidak ada tuhan yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi kerajaan, bagi-Nya segala puji. Dialah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu."

Selanjutnya baca Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, dan Surat An-Nas.

Dzikir Keempat

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

"Allahu la ilaha illa huw, al-hayyul-qayyum, la ta`khuzuhụ sinatuw wa la na`um, lahụ ma fis-samawati wa ma fil-arḍ, man zallazi yasyfa'u 'indahu illa bi`iznih, ya'lamu ma baina aidihim wa ma khalfahum, wa la yuḥituna bisyai`im min 'ilmihi illa bima sya`, wasi'a kursiyyuhus-samawati wal-arḍ, wa la ya`uduhu hifzuhuma, wa huwal-'aliyyul-'azim."

Artinya: Allah, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak dilanda oleh kantuk dan tidak (pula) oleh tidur. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun dari ilmu-Nya, kecuali apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya (ilmu dan kekuasaan-Nya) meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dialah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

Itulah bacaan dzikir dan doa setelah sholat fardhu sesuai ajaran Rasulullah SAW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper